Mendadak Keinget Honda Nova Dash, si Ayago Jahat 2-tak Honda

Diposting pada

Motomazine.com – Bagi sebagian pemirsa kelahiran tahun 2000-an mungkin akan sedikit asing dengan motor yang satu ini. Namanya Honda Nova Dash, berkubikasi 125cc namun dengan model mesin 2-tak. Yaps, terlahir di generasi tahun 90-an, pilihan mesin berpenggerak 2-langkah jelas menjadi primadona saat itu. Terlebih lagi saat itu motor-motor berkubikasi 125cc-an sangat laris buat turun ke pasar senggol aka road race. Jadi ya wajar jikalau pasarnya terus meroket, meski hanya jatuh ke tangan para sultan (saat itu). Nah, entah kenapa mmz teringat kembali dengan si Nova Dash besutan Honda ini.

Flash back sedikit ke beberapa puluh tahun silam. Honda Nova Dash sebenarnya menjadi suskesor motor ayago Honda yang sebelumnya sudah rilis yakni Honda Nova Tena. Nova Tena awalnya muncul sekitar tahun 1998 dengan kubikasi mesin 110cc berpenggerak 2-langkah tapi masih menggunakan pendingin udara.

Honda Nova Tena

Nah barulah kemudian hadir Honda Nova Dash dengan mesin 125cc berpendigin cairan. Mesin bengis Honda ini bahkan mampu muntahkan power puncak sampai 22 PS pada 9000 rpm. Dengan bobotnya yang hanya 102 kg, motor ini akan sangat mudah leaju hingga 140 km/jam. Ngueri asli.

Itulah sebabnya generasi motor bebek bersuspensi depan sport ini pernah merajai balap road race tanah air. Saat itu banyak tim yang menggunakan F1Z-R untuk bertarung, namun sejalan dengan hadirnya Nova Tena, Nova Dash dan bahkan Tiara saat itu, bebek-bebek asli tersebut seringkali dibuat bertekuk lutut… Sampean yang lahir tahun 80-an tentu hafal benar dengan Om Ahmad Jayadi dan Honda Tena-nya.

Honda Nova Dash masuk ke Indonesia melalui importir umum. Saat itu mmz masih SMA, dan sudah kepincut banget dengan motor-motor ayago seperti ini. Saya yang dulu hanya nunggangin F1Z-R mendadak menelan ludah saat temen-temen anak sultan datang dengan tongkrongan sangar mereka saat itu. Sebut saja Tiara, Raider atau bahkan si Nova Dash ini. Bahkan ada salah satu temen yang nunggang NSR150 yang sumpah saya bener-bener ngiler ngelihatnya. Entah kenapa saat itu Ninja 150 terasa seperti biasa saja.

Namun sekarang entah kemana bersembunyinya motor-motor legendaris ini. Apalagi si Honda Nova Dash ini. Sudah populasinya paling jarang, harganya juga pasti bikin bulukuduk merinding. Kalaupun sekarang masih ada, mungkin harganya sudah menyentuh Rp100 jutaan…

Dan berikut sekilas spesifikasi Honda Nova Dash 125

Suspensi Depan Teleskopik Fork
Suspensi Belakang Monoshock, Swingarm
Rem Depan Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston
Rem Belakang Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston
Ban Depan 70/90 โ€“ 17
Ban Belakang 80/90 โ€“ 17
Frame Aluminium Twin Spar Frame
Berat Kosong 102 kg
Dimensi 1833 x 650 x 966 mm
Jarak Sumbu Roda 1355 mm
Max Power 22 PS (21,56 HP) @ 9.000 RPM
Max Torsi 1,83 Kgf/m (18,3 N.m) @ 8.000 RPM
Ignition Electronic CDI Unit
Sistem Penyuplai BBM Karburator Keihin PE 24
Kapasitas Silinder 123.5 cc
Bore x Stroke 55 x 52 mm
Engine 2-Tak, Single-Cylinder, Liquid Cooled, Crankcase Reed Valve
Transmisi 6 speed

So, selalu menggairahkan memang motor-motor terdahulu. Dengan kualitas yang memang patut dibanggakan akan membuat kita langsung terbang melayang seiring dengan lengkingan renyah dari muffler gembungnya. Semoga berguna (mmz)

image

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini