Begini Tips Mudah Setel Ketinggian Sorot Lampu Honda CB150R

Diposting pada

Motomazine.com – Lampu merupakan komponen utama pada sepeda motor. Terlebih sekarang ini, tak hanya malam, sampean juga wajib menyalakan lampu sepeda motor di siang hari, bahkan semua pabrikan sepeda motor sekarang sudah menyematkan AHO, atau Automatic Headlamp ON. Jadi sudah gak ada lagi sekarnag saklar lampu di sepeda motor sampean. Nah berikut motomazine bagikan tips bagaimana mengatur sorot lampu Honda CB150R.

Tips ini muncul akibat seringnya motomazine berpapasan dengan beberapa biker CB150R yang tanpa sengaja headlampnya terlalu mendongak sehingga menyiksa penglihatan rider dari arah berlawanan.

Sebagai pengguna New Honda CB150R yang penasaran akan hal ini, tiap riding malam mmz pasti sempatkan untuk “niteni” rider atau driver dari arah berlawanan. Tujuannya untuk mengetahui sekaligus melakukan kroscek apakah mereka memberikan lampu tembak/high beam sebagai tanda jika lampu si SABRI (nama untuk CB150R motomazine) terlalu dongak sehingga menyilaukan mereka.

Namun alhamdulillah, selama night riding tak ada satupun pengendara dari arah berlawanan yang memberikan isyarat lampu “dim” kepada mmz. Artinya si SABRI aman jaya, headlampnya tak over ndongak.

Meskipun begitu, kejadian yang justru terkadang mmz alami tatkala berpapasan dengan sesama rider CB150R ini membuat mmz tergerak membagikan cara/tips setel sorot lampu New Honda CB150R SF. Sebelum eksekusi pastikan anda sudah mengantongi beberapa tool yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan ini. Alat yang diperlukan sangatlah simpel. Cukup siapkan obeng plus (+) atau sering disebut obeng kembang panjang yang tak terlalu besar. Iya..kalau terlalu gedhe entar lubangnya gak muat… :mrgreen:

Langsung saja, berikut cara setel sorot lampu New Honda CB150R:

  1. Seperti yang sudah tertulis di atas, siapkan obeng plus panjang sedang
  2. Temukan lubang setelan lampu di bawah headlamp agak ke belakang
  3. Setelah ketemu masukkan obeng plus dan pastikan anda merasakan baut berkepala plus
  4. Putar searah jarum jam ( ke kanan) untuk membuat lampu lebih jauh/ndongak
  5.  Untuk membuat sorot lampu lebih merunduk, lakukan kebalikan dari nomor 4. Putar obeng melawan arah jarum jam (ke kiri)
  6. Setelah dirasa cukup, untuk memastikannya coba lakukan tes jalan. Jika sorot lampu CB150R anda dirasa masih terlalu mendongak atau merunduk, tinggal ulangi poin nomor 4 dan 5.

Nah, itulah tips menyetel sorot lampu Honda CB150R. Usahakan jangan terlalu mendongak sehingga menyiksa pengendara dari arah berlawanan. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini