FYI, Rangka Yamaha Gear 125 ternyata Identik dengan Mio J. Rigid dan Kuat!

Diposting pada

Motomazine.com – Tak banyak yang tahu, ternyata rangka Yamaha Gear 125 identik dengan Yamaha Mio J. Rangka model underbone tubular ini menjadi kunci mengapa handling Yamaha Gear 125 terasa begitu rigid dan lincah. Selain itu rangka model ini juga terbukti kuat karena sudah terbukti, bahkan sejak era Yamaha Mio generasi awal. Tidak salah jika pemirsa menjatuhkan pilihan pada Yamaha Gear 125, karena selain irit, Gear 125 juga dilengkapi dengan rangka yang bisa dipercaya.

Awal kehadiran Yamaha Gear 125 sempat menjadikan ambigu. Kenapa ambigu? Karena sebelum kata Gear 125 terdapat kata Mio, meskipun kecil. Detail kecil kata Mio ini tentu menarik kita pada nama besar Mio itu sendiri, yang meskipun kini porsinya lebih kecil, namun Yamaha Gear 125 adalah penerus dari Yamaha Mio. Kalau di dunia mobil pemirsa bisa melihat tulisan Kijang (kecil) dan Innova (besar).

Namun bahasan kita kali ini akan fokus pada komposisi rangka Yamaha Gear 125. Saat melakukan tets ride beberapa waktu silam saya juga sempat kaget. Yamaha Gear 125 punya agility yang mirip banget dengan generasi Mio. Pemirsa yang sudah terbiasa nunggang Yamaha Mio, Mio M3, GT Soul atau keluarga Mio lainnya pasti sangat hafal dengan karakter model begini. Bobot motor enteng, tapi gak terkesan ngambang, dan lagi-lagi enak banget buat tekak-tekuk.

Benar saja, setelah mengkonfirmasi langsung ke Pak Panca, bagian service di Yamaha DDS membuat kekepoan mmz benar-benar terobati. Dari bedah rangka yang kami lakukan didapati betapa konstruksi rangka Yamaha Gear 125 ini sangatlah kokoh, rapi dan tebal. “Untuk matic Yamaha sejak generasi Mio Sport, Mio J series, Mio M3 sampai ke Grand Filano menggunakan bentuk rangka underbone dengan jenis material rangkanya steel tube frame atau rangka pipa baja. Keunggulannya pilihan ukuran pipa dan mudah dimodifikasi dan diperbaiki. Mudah juga untuk dibentuk, dibuat dengan penggabungan pipa dengan proses las  langsung atau dengan baut mur,” tutur bapak bertubuh gempal tersebut.

Lebih lanjut beliau juga menyebut model rangka antara Mio J dan Yamaha Gear 125 sama. Hanya beda pada dudukan baut mur body saja. “Sama (rangka), hanya beda dudukan baut mur body saja.” Tambah Pak Panca.

Yaps, terjawab sudah kenapa Yamaha Gear 125 ini punya handling yang lincah. Tenryata Yamaha Indonesia masih pertahankan material dan model rangka dari generasi Mio J.  Dalam dunia balap sekalipun sasis-sasis Yamaha selalu jadi andalan. Pemirsa pasti ingat bagaimana ketika Yamaha Jupiter Z (burhan) jadi raja road race kemudian disambung dengan Yamaha Jupiter Z1. Sebelum itu ada juga Yamaha F1ZR dan juga kedigdayaan Yamaha Mio sport tatkala balap pasar senggol masih ramai dengan generasi Mio.

Terjawab sudah rasa penasaran mmz. Terutama informasi juga buat pemirsa semua, kenapa Yamaha Gear 125 seenak itu. ya karena memang didukung rangka dari generasi Yamaha Mio J yang terkenal bandel, kuat dan rigid. Terbukti sekian tahun tak ada satupun kasus terkait rangka pada generasi Yamaha Mio, dan barang tentu pada Gear 125.

So, tak perlu khawatir lagi. Pemirsa yang berdomisili di Jawa Timur silahkan ngeboyong langsung Yamaha Gear 125 di dealer-dealer tunjukan PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ). Di Jawa Timur Yamaha Gear 125 yang hadir dalam 2 versi ini dijual seharga Rp 20.779.000,- tipe standard dan Rp 21.395.000,- untuk versi S, keduanya harga on the road Surabaya. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini