Jangan Abai, Berikut 4 Tanda Sepeda Motor minta diservis

Diposting pada

Motomazine.com – Sebagai pengendara yang aktif menggunakan sepeda motor, wajib memperhatikan kondisi kendaraan. Performa motor yang menurun tentu akan mengganggu mobilitas sehari-hari para pengendara. Pengecekan kondisi kendaraan tidak hanya dapat dilakukan melalui bengkel resmi, konsumen juga bisa mengecek kondisi kendaraan dari rumah masing-masing. Selain itu, Pentingnya rutin mengecek kondisi kendaraan adalah untuk mengantisipasi adanya kerusakan yang menjalar ke komponen lainnya. Sebab, biaya untuk melakukan service rutin tentu akan lebih murah.

General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), Pak Ilham Wahyudi mengungkapkan โ€œMasih banyak konsumen yang tidak aware dengan kondisi motor nya sendiri. Seringkali konsumen juga lalai untuk melakukan service rutin motor nya. Kebanyakan konsumen baru merasa ada keluhan pada motornya baru pergi ke bengkel. Sebisa mungkin konsumen harus rajin untuk melakukan pengecekan kendaraannya agar menghindari kerusakan komponen yang lebih parah,โ€ ungkapnya.

Adapun Pak Ilham memberikan empat tanda motor butuh diservice, sebagai berikut:

  1. Getaran mesin terasa kasar

Kondisi motor yang terus menerus digunakan akan menyebabkan kondisi mesin dan sistem chasis berubah. Sehingga menimbulkan getaran pada body motor yang terasa kasar.

  1. Motor terasa kurang bertenaga

Setiap motor dilengkapi dengan sistem penghasil tenaga, pemindah tenagaย  yang nantinya akan pemutar roda belakang. Kondisi sistem rangkain tersebut jika tidak baik tentu akan mengganggu performa atau hasil tenaga mesin yang dihasilkanย  tidak tersalurkan dengan baik sehingga tarikan pada gas dirasa kurang bertenaga.

  1. Lebih boros BBM

Kondisi mesin yang tidak optimal akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang cenderung lebih boros. Kinerja motor akan dipaksa untuk bekerja lebih keras sehingga mengakibatkan konsumsi BBM yang lebih boros.

  1. Sudah melewati batas waktu atau jarak tempuh pemakaian

Pemilik kendaraan wajib melakukan service rutin setiap 2.000-3.000 km dan kelipatan. Kondisi sepeda motor yang telat diservice akan berpengaruh pada performa kendaraan. Acuan jadwal service juga dapat dilihat melalui Kartu Service Berkala (KSB) yang telah diberikan.

Lakukan service atau pengecekan kondisi kendaraan melalui bengkel resmi Yamaha yang sudah terjamin kualitas dan ke ASLIannya. Teknisi Handal Yamaha akan membantu konsumen untuk merawat kendaraan kesayangannya. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini