Jangan Sepelekan! Berikut Fungsi Penutup Pentil Ban. Piranti Kecil yang kadang Terabaikan

0000429119.jpg

Tutup pentil ban memiliki fungsi penting bagi keselamatan berkendara baik sepeda motor dan mobil

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Penutup/tutup pentil ban adalah bagian kecil yang acapkali disepelekan keberadaannya oleh beberapa biker/driver yang mungkin sudah terlalu disibukkan dengan berbagai kegiatan kesehariannya. Namun tahukah anda, penutup pentil ban ternyata memiliki fungsi yang jauh tak kalah vital dibanding part-part pendukung lain, terutama dalam kondisi yang tak tertebak.

Pentutup pentil ban biasanya terbuat dari bahan plastik berwarna hitam. Namun dengan makin majunya perkembangan style dan modifikasi kendaraan, makin ke sini model dan bahan pembuat tutup pentil ban pun makin beragam, salah satunya dari metal.

Lantas apa sih fungsi dari tutup pentil ban?

Yup, valve cap atau tutup pentil ban ternyata memiliki peran penting yang berhubungan dengan keselamatan berkendara, yaitu:

1.Tutup pentil ban mencegah kotoran, debu, air atau bahkan lumpur masuk ke daerah pentil (dalam) sehingga dapat merusak katup dan berbagai piranti di dalamnya (termasuk per, penonjok kecil, dan sil karet).

Jika hal ini dibiarkan lama, akibatnya timbul korosi yang menyebabkan katup bocor atua membuat sil karet getas. Alhasil, pentil kan rusak, dan menimbulkan kebocoran halus. Hal ini tentu akan membahayakan jika tanpa anda ketahui tetiba ban kehilangan tekanan (angin) saat melaju di jalan raya.

2.  Tutup pentil ban berfungsi mencegah udara di dalam ban tidak keluar melalui celah kecil katup pentil. andai pentil rusak sekalipun, dengan adanya tutup, kebocoran masih bisa ditahan dengan perlahan. Tidak membuat ban kempes secara drastis yang tentu sangat berbahaya bagi keselamatan saat berkendara.

Mengenai bahan dan model tutup pentil, sebenarnya tidak ada masalah. Yang terpenting adalah memilih tutup pentil yang pas dengan lubang (misal dalam kasus tutup pentil hilang).

Jenis Tutup Pentil Ban

Tutup pentil ban memiliki banyak jenis dan model. Paling sederhana adalah bawaan standar kendaraan dari plastik berwarna hitam. Hanya saja dalam jangka lama model ini berpotensi getas.

Untuk mensiasatinya ada tutup pentil aftermarket berbahan metal. Biasanya, di bagian dalam terdapat sil karet yang berfungsi untuk menyumpal rapat lubang masuknya udara (bibir) pentil ban.

132550_0d9a545e-ef4f-46c6-915d-b169b0f6ed8c

Tutup pentil ban berbahan metal

Selain kedua model di atas, baru-baru ini juga muncul tutup pentil ban yang lebih modern. Yakni tutup pentil ban yang sudah dilengkapi dengan indikator. Saat indikator menyala hijau, berarti tekanan angin dalam ban normal. Jika warna kuning muncul maka artinya tekanan angin di dalam ban berkurang. Dan jika indikator menunjukkan warna merah, berarti ban benar-benar kekurangan angin dan berbahaya untuk dikendarai.

Tutup_Pentil_Ban_Mobil_Ban_Motor_Indikator_Tekanan_Angin_Ale

Tutup pentil ban dengan indikator

Mengenai bentuk tutup pentil ban, selain bentuk standar, sekarang ini juga muncul tutup pentil ban dengan bentuk-bentuk yang unik. Seperti dadu, kepala tengkorak, bola basket, granat, roket dan lain sebagainya.

So.. itulah masgan, fungsi penting dari tutup pentil ban. Piranti kecil yang terkadang disepelekan keberadaanya. Nah, jadi tahu kan sekarang kenapa Polisi melakukan penilangan terhadap kendaraan yang tak mempunyai tutup pentil ban?

6233994_425305c8-38cf-4c54-85f3-976e2995e32f

Tutup pentil ban berbentuk granat

Yup, alasannya jelas… Karena dengan absennya tutup pentil pada ban, maka potensi terjadinya kecelakaan akibat ban kehilangan tekanan angin sangat bisa terjadi.. jadi, lengkapi kendaraan kita dengan piranti standar kelayakan berkendara ya masgan, bro sis… Kalau sudah tinggal ditambah lagi dengan attitude kita dalam berkendara.. Yakni utamakan safety riding… Semoga berguna… (MMz)

===============

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di serba-serbi, umum dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Jangan Sepelekan! Berikut Fungsi Penutup Pentil Ban. Piranti Kecil yang kadang Terabaikan

  1. sucahyoaji berkata:

    Kalau pakai cairan anti bocor katanya wajib pakai tutup pentil dari besi. Biar nggak gampang macet.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2017/05/26/apa-saja-nggak-enaknya-pakai-cairan-atau-gel-anti-bocor-pada-ban/

    Disukai oleh 1 orang

  2. Budi Santoso berkata:

    pentil atau pentil lek? 😀

    Disukai oleh 1 orang

  3. lamik gemini berkata:

    Fungsi pentil emang jempolan..

    Disukai oleh 1 orang

  4. Mas Sayur berkata:

    Bukankah …tutup pentil itu yg bentuknya bisa mirip kacamata itu to,Pak ?
    🏃💨💨💨

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s