Berikut 10 Tips Rawat Helm Kesayangan Supaya Tetap Awet

Helm sebagai pianti pelindung kepala wajib dirawat agar mampu memberikan proteksi maksimal

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Berikut MMz kasih 10 tips supaya helm kesayangan anda tetap awet, kinclong dan nyaman dipakai

Yups, helm adalah piranti wajib berkendara sepeda motor sebagai pelindung kepala dan isinya. Stop pakai helm saat ada Polisi atau razia saja. Sebab jika anda masih berpikiran seperti itu berarti otak baru bisa bersemayam ketika melihat polisi atau saat ada razia polantas saja :mrgreen:

Langsung saja, berikut 10 tips menjaga helm agar tetap awet, aman dan nyaman digunakan

1. Jangan taruh helm di spion atau tangki

Banyak yang salah kaprah dengan menaruh helm di spion atau di atas tangki (motor sport). 

Menaruh helm di atas spion sangat rentan menyebabkan helm jatuh atau basah ketika terkena hujan.

Sementara menaruh helm di atas tangki bbm berpotensi membuat inner helm/styrofoam helm cepat rusak karena terkena uap bbm yang melewati lubang hawa pada bibir tutup tangki.

Tips nya taruh helm di atas jok belakang dengan mengaitkan tali pada salah satu bagian motor, supaya helm tidak mudah jatuh.

2. Pakai Balaclava

Balaclava adalah kain penutup kepala. Piranti pelengkap bagi rider ini selain berfungsi melindungi kepala ternyata juga memiliki fungsi mencegah kepala/rambut kotor/basah bersentuhan langsung dengan inner helm.

Rambut yang basah membuat inner helm cepat menjamur dan berbau.

3. Jangan pakai helm saat rambut basah

Jangan pakai helm dalam kondisi rambut basah kuyup/sehabis keramas. Seperti yang sudah disebutkan pada poin 2 di atas, rambut basah menyebabkan inner helm berbau apek dan mudah menjamur.

Dengan rambut basah kuyup fungsi balaclava pun tak akan maksimal/tembus.

Baca juga:

4. Bersihkan helm pasca terkena hujan

Yup, bersihkan helm sesaat setelah terkena hujan. Yang namanya rider/biker sudah menjadi barang lumrah jika panas tak kehujanan, hujan tak kepanasan.

Yang paling penting adalah segera lap dengan air bersih dan keringkan helm anda, atau jika helm terkena hujan dalam intensitas lama segera cuci saja untuk hasil maksimal.

5. Cuci helm secara berkala

Satu yang tak kalah penting adalah cuci helm anda secara berkala masbro. Terkadang kita terlalu malas untuk mencuci helm. Padahal mencuci helm adalah salah satu upaya menjaga helm anda tetap awet.

Yang perlu diperhatikan saat mencuci helm adalah hindari penggunaan detergen. Karena sifatnya yang panas detergen bisa membuat styrofoam helm mudah rusak masbro. 

6. Hindari baret pada visor

Berhubungan dengan keleluasaan pandangan saat berkendara, hindari baret pada visor helm. Hal ini sangat penting untuk menjaga kondisi visor helm tetap bening dan mencegah silau saat helm terkena sinar lampu dari kendaraan yang berlawanan di malam hari.

Visor helm yang baret menyebabkan pandangan menjadi silau. Istilah gampangnya lampu dari arah berlawanan sinarnya menjadi pecah.

7. Simpan di tempat aman

Usahakan menaruh helm di tempat yang aman. Tak perlu tinggi, tapi usahakan menyimpan helm jauh dari jangkauan anak-anak.

Jika perlu bungkus helm dengan kaos/kain pembungkus helm agar terhindar dari debu. Yang terpenting sebelum menyimpan helm ke dalam pembungkus helm, pastikan helm dalam kondisi bersih dan benar-benar kering.

8. Jangan jatuhkan helm

Sebagus apapun helm anda, ketika helm sudah pernah terjatuh, sebenarnya kekuatan cangkang helm sudah berkurang. 

Untuk itu jaga supaya helm jangan sampai terjatuh. Saat menaruhnya di atas motor, kaitkan tali helm dengan apapun yang bisa dijadikan penahan agar helm tak mudah jatuh.

9. Sesekali pakaikan pewangi

Helm yang bersih akan lebih jempolan jika diberikan pewangi. Sesekali saja, jangan terlalu sering juga. Sebab jika keseringan memakaikan pewangi yang ada helm malah lembab dan mudah menjamur.

10. Helm itu milik pribadi

Nah ini, helm itu milik pribadi. Jangan mudah atau sering meminjamkan helm ke pemakai lain. Sebab semakin banyak kepala yang bersarang di helm anda maka kemungkinan helm cepat rusak dan menjamur juga semakin tinggi.

Helm dengan perawatan maksimal mampu berikan proteksi optimal

So.. Itulah masbro 10 tips merawat helm kesayangan. Sayangi, rawat sebaik mungkin helm anda. Dan rasakan proteksi optimal dari helm yang anda gunakan.. 

Tapi lihat-lihat kualitas helmnya juga keleeesss…. :mrgreen: semoga berguna… (MMz)

================

Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: 524dbd4e
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di balap, serba-serbi, umum dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Berikut 10 Tips Rawat Helm Kesayangan Supaya Tetap Awet

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s