Begini Akibatnya Kalau Kick Starter Motor Matic, Kebetulan Vario 125 Tak Pernah dipakai

Motomazine.com – Salam safety rising masbro… Hari ini teman sejawat tetiba muring-muring akibat kick starter motor Vario 125 miliknya macet, gak mau kembali ke posisi asal. Posisi kick starter yang seharusnya lurus/sejajar dengan cover CVT kini jadi “ndangkloh” ke bawah akibat tak mau kembal setelah dipancal. Halah…

Coba ditarik, ditendang bahkan dicaci maki, si kick starter ini tetep saja gak mau kembali ke posisi asal. Intinya yowes macet, slek, apalah itu. Pokoke harus bongkar cover CVT.

Yowes langsung saja nih Sam, mau gak mau jalan teraman pun ditempuh. Telfon servis keliling dari salah satu dealer yang ada di kota Ponorogo.

Baca juga:

Tak berselang lama kemudian dua orang mekanik pun datang. Cek sana-sini, dan akhirnya dibongkarlah tuh cover CVT buat ngebenerin kick starter Vario 125 yang macet itu.

Seharusnya sih gampang Sam. Macetnya kick starter Vario 125 ini biasanya cuman diakibatkan oleh per/spring Kick Starter yang lepas dari dudukannya. Namun ternyata, setelah cover CVT terbuka, ada satu masalah baru yang muncul. Dudukan stopper roda gigi kick starternya patah. Waduh… Yowes mau gak mau harus ngelas Sam.

Proses pengelasannya ya otomatis musti dibawa ke tukang las. Dan untuk pekerjaan ini kebetulan langsung dikerjakan sama mas mekaniknya sendiri. Maksutnya dia sendiri yang ngebawa tuh cover CVT ke bengkel las.

Bentuk daleman CVT tempat roda gigi dan per kick starter

Setelah stopper gear kick starter terpasang, artinya masalah pun beres. Yawes langsung pasang, kembalikan ke susunan semula, dan beres. Kick starter sudah bekerja normal kembali.

Dan usut punya usut, kejadian macetnya kick starter, terutama pada motor matic seperti ini diakibatkan karena jarangnya, atau bahkan tak pernah dipakainya kick starter ketika menyalakan sepeda motor.

Dan emang dasar si empunya cewek kan Gan, ya udah, nyaris nganggur tuh kick starter Vario 125 miliknya. Pokoknya selama electric starter masih bekerja, yowes pencet langsung berangkat.

“Macetnya kick starter, apalagi motor matic kayak gini biasanya akibat tak pernah dipakainya selah (KS) itu sendiri mas. Di dalem porosnya kan gak ada pelumasnya tuh mas. Jadi kalau gak pernah dipakai ya begini, macet,” tutur Eko, salah satu mekanik yang membetulkan Vario 125 milik teman mmz ini.

Last… Pesan baiknya adalah, bagi sampeyan yang punya motor matic, usahakan untuk menggunakan kick starter, terutama saat menyalakan motor di pagi hari.

“Usahakan pakai KS tiap mau nyalain motor di pagi hari mas. Kalaupun tidak setiap hari, ya paling tidak usahakan rutin lah, dua atau tiga hari sekali,” tambah mas mekanik itu.

So… Gimana Sam, Mbak? Sedikit repot memang buat ngoperasiin kick starter di pagi hari. Namun kalau dengan begitu motor sampeyan lebih awet? Why Not…? Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di serba-serbi, tips dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Begini Akibatnya Kalau Kick Starter Motor Matic, Kebetulan Vario 125 Tak Pernah dipakai

  1. Warung Biker berkata:

    aku kudu komen piye pak?? xixixixi

    Disukai oleh 1 orang

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s