Aman Gak Sih Ngecharge HP di Bagasi Genio?

Diposting pada 183 views

MOTOMAZINE.COM – Honda Genio yang baru saja diluncurkan oelh AHM nyatanya mampu memberikan ruang perhatian tersendiri bagi publlik. Terlebih lagi salah satu fitur yang diusungnya yakni socket charger HP/gadget yang letaknya bukan di bawah setang (rak tersendiri), namun berada di dalam bagasi. Nah yang jadi pertanyaan sekarang adalah, aman gak sih ngecharge HP di bagasi Genio?

Sampai saat ini mmz emang belum ketemu langsung sama sosok Honda Genio. Jangankan review dan mengamati, lhawong pegang unitnya saja belum.

Tapi begitu mengetahi ada fitur charger di dalam bagasi, asli saya langsung tertarik untuk mencari referensinya. Secara bagasi sendiri merupakan tempat tertutup di bawah jok dengan potensi konduksi panas mesin yang bisa masuk ke dalamnya.

Sekarang silahkan dibayangkan. Naruh hape di dalam bagasi, kondisi lagi dicharge, terus motor dibawa berkendara, yang artinya mesin akan panas dan berpotensi merambat ke dalam bagasi. Apa gak bahaya? Secara gawai atau handphone itu sendiri punya toleransi ketahanan terhadap panas. Masih ingat kan beberapa kasus yang pernah terjadi? Dimana HP meledak sendiri saat ditaruh dalam bagasi?

Nah atas dasar itulah akhirnya saya mengumpulkan beberapa sumber yang sekiranya bisa saya jadikan referensi sekaligus pengetahuan kita bersama. Dilansir dari DetikOto, menurut Direktur Marketing PT. AHM Bapak Thomas Wijaya disebutkan bahwa charging HP di dalam jok Honda Genio aman. Kenapa? Sebab Honda dalam hal ini AHM telah melakukan pengetesan internal termasuk mencoba melakukan pengisian daya baterai sambil motor berjalan.

Tak cukup sampai di situ. Lek IWB pun ternyata juga mendapat jawaban serupa. Bersumber dari Pak Endro selaku salah satu punggawa Teknis Training PT. AHM, beliau ternyata memberikan penjelasan dengan lebih terperinci,

DC outlet sebagai charger HP di Honda Genio 110 eSP

“Aman, semua sudah melalui pengetesan dan sangat amat tidak masalah. Karena di dalam bagasi pada saat motor dikendarai suhu mencapai kisaran 30 hingga 40 derajat maksimal. Suhu tersebut untuk HP sendiri pun sangat aman. Itu yang pertama, yang kedua Kemudian kami sarankan sebaiknya untuk ngecas handphone posisi HP mati. Kemudian pastikan juga charger yang dipakai charger orisinil atau dari kualitasnya sudah Tidak diragukan. Baik kabelnya ataupun soketnya harus yang bagus. Dikawatirkan kalau komponen abal-abal output listrik yang keluar tidak stabil naik turun,” 

Nah kan sudah jelas sekarang. Melakukan penge-charge-an HP di bagasi Honda Genio ternyata aman. Ya setidaknya dari referensi yang sudah ada sih. Lebi afdolnya nanti saya tak nyoba sendiri, kalau sudah ada sesi launching, test ride dan review… hehehe… Semoga berguna… (mmz

 

2 thoughts on “Aman Gak Sih Ngecharge HP di Bagasi Genio?

Silahkan Komentarnya Kangbro