Tips Merawat Jaket Riding biar Awet

Diposting pada 39 views

MOTOMAZINE.COM – Masbro, jaket riding memang menjadi piranti berendara yang sangat penting dipakaiketika mengendarai sepeda motor. Pemakaian jaket mampu meminimalisir apabila terjadi hal yang tak diinginkan selain juga melindungi dada pengendara dari terpaan angin. Dan berikut mmz kasih ke sampean semua tips merawat jaket riding biar awet. Supaya mampu berikan perlindungan yang optimal lebih lama.

Jaket riding sendiri banyak macamnya. Dari kesekian banyak pilihan jaket berkendara bahkan ada juga yang membutuhkan penanganan khusus. Sebut saja jaket yang butuh dry cleaning/washing. Tak begitu saja bisa asal celup dan cuci. Bisa-bisa jaket-jaket riding branded yang  harganya tembus jutaan rupiah pun jadi mudah rusak.

Baca juga : Begini Tips Rawat Riding Gear agar Aman dari Virus

Nah, berikut tips dari PT Astra Honda Motor (AHM) dalam merawat jaket berkendara sepeda motor agar tetap awet dan prima:

  1. Ikuti instruksi sesuai label yang terdapat dibalik Jaket dalam melakukan pencucian. Jaket untuk bermotor memiliki jenis bahan yang berbeda-beda, sehingga petunjuk dalam melakukan pencucian menjadi kunci agar jaket lebih awet.
  2. Untuk jaket sepeda motor biasanya memiliki pelindung, seperti pada bagian bahu, siku dan punggung. Sebelum melakukan pencucian, keluarkan pelindung dari kantongnya agar tidak merusak sisi-sisi jaket saat dicuci.
  3. Untuk perawatan yang lebih detail, dapat menyikat bagian-bagian yang kotor terlebih dahulu sebelum mencuci jaket. Gunakan sikat yang lembut beserta sabun cuci yang sudah dilarutkan dengan air. Bila jaket tersebut berbahan kulit, hindari membersihkan dengan menyikat, cukup bersihkan dengan kain microfiber.
  4. Mencuci dengan tangan merupakan cara yang paling aman untuk menjaga keawetan jaket, terutama bila jaket berbahan kulit. Namun untuk kepraktisan tetap diperbolehkan menggunakan mesin cuci untuk jaket selain berbahan kulit.
  5. Setelah dicuci, gantung jaket menggunakan gantungan baju, disarankan tidak langsung terpapar sinar matahari. Untuk mempercepat waktu pengeringan, dapat menggunakan kipas angin.
  6. Simpan jaket di suhu ruangan menggunakan gantungan baju. Agar lebih awet disarankan untuk tidak dilipat dan lokasi penyimpanan tidak terkena matahari langsung.

Dengan melakukan perawatan jaket diatas, maka dapat mencegah kerusakan jaket yang disebabkan oleh jamur karena kondisi yang lembab serta penurunan kualitas bahan dari jaket.

Baca juga : 9 Tips Ampuh Rawat Motor Matic Honda biar Tetep Awet

Nah, cukup jelas kan? Apalagi di tengah pandemi yang menyerang seperti ini saat jaket riding sampean terlalu sering digantungkan di almari, perawatan agar jaket sampeyan tetap awet mutlak diperlukan. Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro