Penyebab Starter Motor Honda Mati dan Cara Memperbaikinya

Diposting pada 54 views

vario 125 velg power motomazine

MOTOMAZINE.COM – Kangbro, komponen pendukung yang akhirnya punya peran vital pada sebuah sepeda motor adalah tombol sarter. Fitur yang sangat memudahkan pengendara menghidupkan sepeda motornya ini akan membuat repot jika tetiba mati. Lantas apa sih penyebab starter sepeda motor Honda mati? Dan bagaimana cara mudah memperbaikinya?

Penyebab Starter Motor Honda mati

Kebanyakan pengendara motor mendeteksi kerusakan sepeda motor dari sisi motor saja. Maksutnya emang sudah waktunya rusak, gagal produk, atau setereotip yang sering muncul terhadap sebuah motor.

Namun sebetulnya ada beberapa penyebab Kangbro, kenapa kok starter sepeda motor dalam hal ini Honda bisa mati.

1.Fuse/Sekering putus

Sekering atau bahasa kerennya fuse berfungsi sebagai pemutus aliran listrik. Artinya fuse mempunyai tugas untuk mengamankan rangkaian arus listrik pada sepeda motor. Di dalam sekering terdapat kawat tipis yang bisa terputus apabila mendapat aliran listrik melebihi batas/dengan besaran di luar toleransi.

Fuse starter sendiri biasanya memiliki ukuran sebesar 20 Ampere. Saat ada arus listrik yang melebihi 20 Ampere maka fuse akan terputus. Namun ketika fuse terputus, jangan buru-buru menggantinya begitu saja. Karena bisa jadi ada korsleting di rangakaian starter itu Kangbro.

2.Kabel Starter terbakar

Selain karena fuse yang terputus, masalah lain yang menyebabkan starter motor Hondane sampeyan mati adalah kemungkinan kabel starter terbakar. Penyebabnya jelas, terjadi hubungan arus pendek atau korsleting.

Umumnya letas terbakarnya kabel ada di bagian yang mengalami hubungan pendek. Tapi seringnya terjadi kabel terbakar adalah karena pengendara tak segera mengganti sekering yang putus.

Koneksi yang kurang kencang biasanya juga berpengaruh pada gosongnya kabel konektor starter. Hal ini disebabkan karena baut kabel starter kurang kencang. Akibatnya electron meloncati area yang tidak kencang tersebut.

3.Baterai/Aki habis

Masalah pada baterai atau aki juga menyebabkan starter motor Honda sampeyan gak bisa dihidupkan. Walau lampu motor masih bisa menyala sekalipun, umumnya tegangan baterai di bawah 8 volt sudah tidak kuat untuk mengangkat starter.

Memutar starter mesin dibutuhkan daya yang tinggi. Daya baterai disalurkan melalui tegangan sebesar 12 Volt. Tetapi jika tegangannya kurang dari itu, bahkan kurang dari 8 Volt, maka tombol starter juga tak akan bisa dioperasikan.

Cara mengatasinya dengan melakukan charging atau beli aki baru Kang.

4.Kerusakan pada Relay Starter / Bandig

Kegunaan relay starter atau bandig sebenarnya sama dengan relay biasa. Bedanya adalah pada plat di dalam bandig. Bandig/relay starter punya plat yang lebih besar karena tegangan yang akan melewatinya nanti juga besar.

Apabila solenoid pada bandig macet/terputus, maka arus tak bisa disalurkan ke motor starter.

Cara mendeteksi bandig juga gampang Kangbro. Kalau sampeyan mengoperasikan starter/double starter maka timbul suara “cetek-cetek”. Itu merupakan suara plat bandig yang bersambungan. Apabila taka da suara cetekan saat melakukan starter maka dipastikan bandig rusak.

5.Kerusakan pada coil starter

Ada dua macam kumparan pada starter yaitu kumutator dan arkature coil. Keduanya sama-sama menghasilkan kemagnetan yang setelahnya dirangkai agar mampu menghasilkan energy putar. Putaran inilah yang memutar dynamo motor untuk menghidupkan mesin.

Namun yang namanya piranti elektronik sangat rentan dengan kerusakan. Perbaikan untuk komponen ini bisa minta tolong tukang dynamo. Tapi kalau sudah parah ya silahkan diganti saja dynamo starternya.

Bagaimana cara mendeteksi letak kerusakan starter?

Langkah pertama dalam mendeteksi kerusakan starter adalah dengan memastikan kelistrikan pada motor Honda sampeyan aman. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan alat berupa multitester. Bisa voltmeter juga.

Langkah selanjutnya jika tak ada masalah pada kelistrikan yakni dengan memeriksa solenoid starter. Pastikan terdengar bunyi “cetek-cetek” saat starter dioperasikan.

Apabila tidak ada bunyi maka kemungkinannya adalah arus tidak sampai pada solenoid atau solenoidnya rusak.

Namun jika solenoid menyala, tapi tetap tidak bunyi motornya, maka tinggal periksa saja dynamo starternya. Untuk masalah ini serahkan ke tukang dynamo Kangbro, atau amannya beli saja yang baru…hahaha..

So, itulah beberapa hal yang menyebabkan starter motor Honda mati, serta bagaimana cara mudah memperbaikinya. Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro