DIY : Ganti Bohlam Lampu Depan Vario 125. Gampang Kok

Diposting pada 431 views

vario 125 velg power motomazine

MOTOMAZINE.COM – Hari Minggu saatnya liburan. Sejenak hilangkan penat kerja dalam seminggu terakhir. Waktunya memanjakan diri dan pikiran bersantai ke lokasi wisata bareng keluarga. Namun kali ini cerita mmz sedikit berbeda. Variem yang selama ini sedikit “tersingkirkan” rupanya mulai tunjukkan tanda minta dimanja. Yaps, lampu utama yang berfungsi menarangi malam dan pengaman di kala siang mati. Yawes, langsung saja.. ganti sendiri bohlam depannya. Dan berikut mmz kasih tips, DIY mengganti bohlam lampu depan Vario 125. Gampang banget kok caranya…

Sebelum akhirnya memakai cara ini mmz sebenernya sudah mengaplikasikan teknik berbeda untuk membuka bohlam depan si Vario. Kalau meliihat tutorialnya di Youtube sih kayaknya mudah banget. Lha pas saya nyoba sendiri. Ampun dah sulitnya…

Caranya kita tinggal rogoh saja tuh fiting bohlam dari arah bawah layaknya mengganti lampu kota. Alih-alih fiting lampu terbuka. Yang ada malah emosi jiwa karena tuh bohlam gak mau juga beranjak dari tempatnya. Tekniknya salah?

Baca juga : Trik Gampang Akali Lampu AHO Vario 125

Teknik yang saya pakai sudah benar kok Om. Pencet tuh fitting lampu terus putar berlawanan aruh jarum jam (ke kiri). Namun ya itu, meski bisa dipencet tapi pas mau muter, Gusti…. Sulitnya minta cium, eh ampun…

Ya sudah daripada kerepotan sendiri tanpa ada ujungnya, cara mengganti bohlam lammpu depan vario 125 secara konvensional pun dilakukan. Caranya adalah dengan melepas front cowl tempat headlamp bersandar.

Cara melepas fronnt cowl ini pun cukup gampang. Sampeyan tinggal melepas semua baut yang menggabungkan front cwol dengan inner (dek kulit jeruk) dan juga dasi tempat plat nopol.

Yang belum terbiasa melepas dasi Vario 125 mungkin akan sedikit kesulitan. Sebab kancing yang ada di ujung dasi melekat cukup kuat. Sampeyan perlu bantuan obeng min. Masukkan di sela-sela ujung dasi kemudian congkel. Jangan asal congkel biar gak patah.  Setelah kancing tersebut terbuka lanjutkan dengan menarik dasi ke atas untuk melepas kancing-kancing yang ada di kiri dan kanan accu.

Setelah dasi  terlepas sampeyan akan menemukan dua baut gede dengan kepala obeng plus. Nah, baut inilah yang juga harus sampeyan lepas untuk melepas front cowl Honda Vario 125 ini. Tanpa itu front cowl gak akan terbuka dan sampeyan bakal kesulitan melepas fitting bohlamnya.

Setelah semua baut terlepas sekarang tarik front cowl dengan yakin, pasti namun lembut. Sampeyan pikir sendiri… Pokoknya biar gak ada part yang patah…wkwkwk…

kalau tuh rumah lampu sudah terlepas/terpisah dari dek proses penggantian bohlam baru bisa dilakukan. Gampang saja. Tinggal tekan fitting lampu dan putar ke arah kiri. Di sana ada tiga lubang pengunci yang harus diplesetkan agar fitting mau terbuka dan bohlam bisa dilepaskan dari rumahnya/reflektor.

Setelah fitting terbuka sampeyan tinggal ambil bohlamnya dan ganti dengan bohlam yang baru. Saya memilih bohlam Astra Honda biar gak menyalahi aturan. Mau ganti halogen yang lebih terang tapi takut mika headlampnya kepanasan terus meleleh.

Harga bohlam lampu utama Vario 125 ini adalah Rp 20 ribu per bijinya. Tergantung lokasi sampeyan juga sih. Yang pasti sekitar itu lah. Gak akan terpaut jauh kalau misal ada perbedaan.

Setelah bohlam diganti dengan yang baru sekarang sampeyan tinggal mengembalikan saja semua yang sudah dibuka seperti sedia kala.

Mulai dari memasang fitting lampu kembali kemudian memasangkan front cowl dan dasi. Ingat, bautnya ada tiga macam dan berbeda. Musti pas dengan peruntukannya agar cocok dengan dudukan bautnya.

Baca juga : Pajak Tahunan Vario  125. Duh Variem Sudah SD

So, itulah tips gampang mengganti bohlam depan Vario 125. Sampeyan bisa melakukannya sendiri di rumah, gak perlu bantuan bengkel. Lawong gampang. Yang diperlukan hanyalah alat, bohlam baru dan ketelatenan. Selamat mencoba… (mmz)

2 thoughts on “DIY : Ganti Bohlam Lampu Depan Vario 125. Gampang Kok

Silahkan Komentarnya Kangbro