Pertahankan Originalitas, Sabri Ganti Gearset Honda Genuine Parts

Diposting pada

Motomazine.com – Sudah hampir empat tahun lamanya Sabri wira wiri mengabdi bersama mmz menaklukkan berbagai tantangan hidup yang kian mengganas saja. Yaps, namanya motor sport berkubikasi 150cc yang punya kaki-kaki lumayan gede, piranti penggerak menjadi satu bagian yang musti terus dicek. Gak lucu saat kita riding tetiba rantai putus atau gear slek akibat giginya rontok semua. Loh ada lo yang begitu… Jangan salah. Oh ya, baut yang belum paham, Sabri adalah New Honda CB150R v.2 yang sudah menemani mmz sejak tahun 2017 silam. Kaki-kaki sendiri sudah mmz ganti pakai ban dengan ukuran setingkat lebih gede. Alhasil, ya ini, sudah waktunya ganti rantai dan gear. Dan demi pertahankan originalitas, mmz memilih gearset Honda Genuine Parts, yang asli bukan aftermarket. Alasannya? Simpel kok. Monggo simak artikel ini lebih lanjut.

Sebelum menjatuhkkan pilihan ke gearset Honda Genuine Parts sebenarnya mmz sudah hendak mengganti gearset Sabri dengan produk aftermarket. Pilihan ada dua produk sebenarnya. Yakni yang SS* dan R*. Rentang harganya juga masih masuk ke kantong.

Baca juga:

SABRI Ganti Sepatu, Ban ini jadi Pilihannya

Tapi setelah memikir dan menimbang yaweslah ganti pakai gearset original saja. Alasannya ya itu tadi. Originalitas. Entah semakin bertambah usia rasanya malah seneng yang ori-orian saja. Yang penting tampilan bersih dan lari si motor juga gak ‘ngisn-ngisini’. Toh motor 150cc doang mau dibawa lari sampai berapa sih? Begitu yang mmz pikirkan.

Yawes tanpa pikir panjang lagi, Sabri pun mmz gelandang ke AHASS MPM Ponorogo. Kenapa AHASS? ya karena sebelumnya mmz sudah kontak Pak Budi (kepala mekanik) dan part yang mmz butuhkan ada. Sekalian bikin konten juga sih. Hahaha..

Sepulang kerja mmz langsung meluncur ke MPM untuk menggarap Sabri. Tak perlu menunggu lama, Sabri pun langsung digelandang ke atas paddock. Kendurkan baut as roda, tarik as roda, lepas baut pengunci gear yang ada 4 itu, seterusnya dan terus berproses.

Hingga selang beberapa waktu kemudian Sabri pun beres. Berganti dengan gear dan rantai yang baru berlabel Honda Genuine Parts. Oh ya, yang saya suka dari gear HGP CB150R ini adalah karena pada gear belakang ada chain stoppernya.

Iya memang untuk alasan safety, cuman itu tadi loh Om. Kembali ke klausul awal, makin ke sini saya semakin suka dengan hal-hal yang ori. Mengenai performa saya rasa busi Brisk dan kabel Accent wire plus Pertamax yang tak pernah ganti sedari motor datang sudah cukup suguhkan performa yang optimal. Oli mah XTEN saja. Kalau ada rezeki lebih ya Motul. Yawes gitu doang.

Baca juga:

Besaran Pajak CB150R, SABRI Ultah Lagi

Buat sampean yang penasaran berapa harga satu gearset Honda CB150R ori, tunggu aertikel berikutnya. Akan mmz kupas tuntas di sana. Sebab selain ganti gearset mmz juga sekalian ganti kampas rem cakram belakang. Jadi sekalian kita kupas habisnya berapa nanti. Untuk videonya sudah mmz unggah di channel youtube motomazine. Sampean pirsani saja. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.