Suzuki New Hayabusa 2021, Makin Bengis dengan Fitur Motor Balap

Diposting pada

Motomazine.com – Yang sudah banyak orang tunggu, sultan sih sebenernya, hahaha… Baru saja rilis. Suzuki New Hayabusa 2021 akhirnya meluncur membendung isu bahwa klan Hayabusa is over. Suzuki kembali hadirkan banyak pembaruan pada New Suzuki Hayabusa yang bahkan sentuh 500 unit part terbarukan. Woh, ajib ini…

New Suzuki Hayabusa 2021 sendiri masih pertahankan desain merunduk, menggembung layaknya Hayabusa generasi satu dan dua. Masih dengan tema burung Elang, Hayabusa tetap hadir dengan bodi menunduk, siap menerkam dengan buritan yang juga mirip buntut tawon. Menariknya Suzuki juga jejalkan banyak fitur baru termasuk fitur yang dipakai pada motor-motor balap.

Salah satu fitur yang menjadi keharusan untuk jinakkan mesin 1340 cc Hayabusa adalah Launch Control. Fitur yang juga menjadi menu wajib motor-motor WSBK dan MotoGP ini makin lengkap dengan dukungan Engine Brake Control dan Bi-Directional Quick Shifter (up dan down yang membuat biker bebas nambah atau mengurangi gigi perseneling tanpa tuas kopling).

Fitur selanjutnya tentu saja Riding Mode 3 pilihan yang makin memanjakan biker saat berkendara dalam kondisi tricky, standard atau sirkuit. Fitur ini pun makin disempurnakan dengan Motion Track System Control yang membuat handling Hayabusa terbaru jauh lebih presisi.

Beberapa fitur penunjang lain seperti Cruise Control dan Speed Limiter juga hadir untuk lengkapi hobi berkendara jauh sang pengendara. Ya, untuk beberapa negara speed limiter memang diperlukan untuk mencegah kita over speed yang akhirnya malah bisa kena tilang.

Satu lagi fitur yang sangat berguna yang hadir pada New Suzuki Hayabusa 2021 adalah Hill Hold Control System. Fitur yang juga hadir pada mobil-mobil lansiran terbaru ini membuat “otak” Hayabusa langsung mengambil alih peran brake saat motor berhenti di tanjakan selama 30 detik atau lebih. Jadi setelah 30 detik berhenti di tanjakan si rider bisa melepas handel rem dan motor akan diam. Pabrikan mengklaim fitur ini membantu start yang lebih halus dan menghindari wheelie. Woh, ajib.

Suzuki juga hadirkan Emergency Stop Signal (ESS) yang langsung aktif saat rider melakukan pengereman keras dari kecepatan minimal 55 kpj. Fitur yang tidak tersedia untuk pasar Amerika Utara, India, dan Kanada ini akan memberikan safety atau warning kepada pengendara di belakang. Fitur ini juga sekarang nemplok di salah satu motor sport 150cc tanah air.

Untuk mesin, New Suzuki Hayabusa 2021 mengusung mesin 4-tak 1340 cc inline 4 DOHC berpendingin cairan. Dengan rasio kompresi menyentuh 12.5:1 Hayabusa terbaru ini bisa hembuskan power maksimal hingga 190 PS dan kecepatan puncak lebih dari 299 kpj.

New Suzuki Hayabusa memakai sasis twin spar alumunium dengan revisi pada subframe untuk tingkatkan agility si sport bike ini. Motor yang juga sudah lulus standar emisi Euro 5 ini mengusung model knalpot baru untuk tingkatkan efisiensi dan juga powernya.

So, yang sudah penasaran , para sultan nih, yang pengen nyicipin New Suzuki Hayabusa model 2021, silahkan tunggu saja. Semoga PT. SIS bisa memfasilitasi nih ‘Elang’ masuk ke tanah air. Semoga berguna. (mmz)

Spesifikasi New Suzuki Hayabusa model 2021

Overall Length 2,180 mm (85.8 in.)
Overall width 735 mm (28.9 in.)
Overall height 1,165 mm (45.9 in.)
Wheelbase 1,480 mm (58.3 in.)
Ground clearance 125 mm (4.9 in.)
Seat height 800 mm (31.5 in.)
Curb weight 264 kg (582 lbs.)
Engine type Four-stroke, liquid-cooled, DOHC, in-line four
Bore x stroke 81.0 mm x 65.0 mm (3.189 in. x 2.559 in.)
Engine displacement 1,340 cm³ (81.8 cu. in.)
Compression ratio 12.5:1
Fuel system Fuel injection
Starter system Electric
Lubrication system Wet sump
Transmission 6-speed constant mesh
Front suspension Inverted telescopic, coil spring, oil damped
Rear suspension Link type, coil spring, oil damped
Rake / trail 23° 00′ / 90 mm (3.54 in.)
Front brakes Brembo Stylema®, 4-piston, twin disc, ABS-equipped
Rear brake Nissin, 1-piston, single disc, ABS-equipped
Front tire size 120/70ZR17M/C (58W), tubeless
Rear tire size 190/50ZR17M/C (73W), tubeless
Ignition system Electronic ignition (transistorized)
Fuel tank capacity 20.0 L (5.3 US gal)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

1 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini