Suzuki New Hayabusa 2021, Makin Bengis dengan Fitur Motor Balap

Diposting pada

Motomazine.com – Yang sudah banyak orang tunggu, sultan sih sebenernya, hahaha… Baru saja rilis. Suzuki New Hayabusa 2021 akhirnya meluncur membendung isu bahwa klan Hayabusa is over. Suzuki kembali hadirkan banyak pembaruan pada New Suzuki Hayabusa yang bahkan sentuh 500 unit part terbarukan. Woh, ajib ini…

New Suzuki Hayabusa 2021 sendiri masih pertahankan desain merunduk, menggembung layaknya Hayabusa generasi satu dan dua. Masih dengan tema burung Elang, Hayabusa tetap hadir dengan bodi menunduk, siap menerkam dengan buritan yang juga mirip buntut tawon. Menariknya Suzuki juga jejalkan banyak fitur baru termasuk fitur yang dipakai pada motor-motor balap.

Salah satu fitur yang menjadi keharusan untuk jinakkan mesin 1340 cc Hayabusa adalah Launch Control. Fitur yang juga menjadi menu wajib motor-motor WSBK dan MotoGP ini makin lengkap dengan dukungan Engine Brake Control dan Bi-Directional Quick Shifter (up dan down yang membuat biker bebas nambah atau mengurangi gigi perseneling tanpa tuas kopling).

Fitur selanjutnya tentu saja Riding Mode 3 pilihan yang makin memanjakan biker saat berkendara dalam kondisi tricky, standard atau sirkuit. Fitur ini pun makin disempurnakan dengan Motion Track System Control yang membuat handling Hayabusa terbaru jauh lebih presisi.

Beberapa fitur penunjang lain seperti Cruise Control dan Speed Limiter juga hadir untuk lengkapi hobi berkendara jauh sang pengendara. Ya, untuk beberapa negara speed limiter memang diperlukan untuk mencegah kita over speed yang akhirnya malah bisa kena tilang.

Satu lagi fitur yang sangat berguna yang hadir pada New Suzuki Hayabusa 2021 adalah Hill Hold Control System. Fitur yang juga hadir pada mobil-mobil lansiran terbaru ini membuat “otak” Hayabusa langsung mengambil alih peran brake saat motor berhenti di tanjakan selama 30 detik atau lebih. Jadi setelah 30 detik berhenti di tanjakan si rider bisa melepas handel rem dan motor akan diam. Pabrikan mengklaim fitur ini membantu start yang lebih halus dan menghindari wheelie. Woh, ajib.

Suzuki juga hadirkan Emergency Stop Signal (ESS) yang langsung aktif saat rider melakukan pengereman keras dari kecepatan minimal 55 kpj. Fitur yang tidak tersedia untuk pasar Amerika Utara, India, dan Kanada ini akan memberikan safety atau warning kepada pengendara di belakang. Fitur ini juga sekarang nemplok di salah satu motor sport 150cc tanah air.

Untuk mesin, New Suzuki Hayabusa 2021 mengusung mesin 4-tak 1340 cc inline 4 DOHC berpendingin cairan. Dengan rasio kompresi menyentuh 12.5:1 Hayabusa terbaru ini bisa hembuskan power maksimal hingga 190 PS dan kecepatan puncak lebih dari 299 kpj.

New Suzuki Hayabusa memakai sasis twin spar alumunium dengan revisi pada subframe untuk tingkatkan agility si sport bike ini. Motor yang juga sudah lulus standar emisi Euro 5 ini mengusung model knalpot baru untuk tingkatkan efisiensi dan juga powernya.

So, yang sudah penasaran , para sultan nih, yang pengen nyicipin New Suzuki Hayabusa model 2021, silahkan tunggu saja. Semoga PT. SIS bisa memfasilitasi nih ‘Elang’ masuk ke tanah air. Semoga berguna. (mmz)

Spesifikasi New Suzuki Hayabusa model 2021

Overall Length2,180 mm (85.8 in.)
Overall width735 mm (28.9 in.)
Overall height1,165 mm (45.9 in.)
Wheelbase1,480 mm (58.3 in.)
Ground clearance125 mm (4.9 in.)
Seat height800 mm (31.5 in.)
Curb weight264 kg (582 lbs.)
Engine typeFour-stroke, liquid-cooled, DOHC, in-line four
Bore x stroke81.0 mm x 65.0 mm (3.189 in. x 2.559 in.)
Engine displacement1,340 cm³ (81.8 cu. in.)
Compression ratio12.5:1
Fuel systemFuel injection
Starter systemElectric
Lubrication systemWet sump
Transmission6-speed constant mesh
Front suspensionInverted telescopic, coil spring, oil damped
Rear suspensionLink type, coil spring, oil damped
Rake / trail23° 00′ / 90 mm (3.54 in.)
Front brakesBrembo Stylema®, 4-piston, twin disc, ABS-equipped
Rear brakeNissin, 1-piston, single disc, ABS-equipped
Front tire size120/70ZR17M/C (58W), tubeless
Rear tire size190/50ZR17M/C (73W), tubeless
Ignition systemElectronic ignition (transistorized)
Fuel tank capacity20.0 L (5.3 US gal)

Artikel terkait:

Tinggalkan Komentar di sini