MPM Honda Jatim Ajak 95 Guru dan Siswa Ramaikan Festival Vokasi Satu Hati

Diposting pada

Motomazine.com –  PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar Festival Vokasi Satu Hati yang diikuti para pelajar dan tenaga ajar di 712 SMK mitra binaan perusahaan. Beragam rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak Januari hingga April 2022 ini menjadi salah satu upaya AHM untuk terus bersinergi dengan dunia pendidikan untuk mencetak SDM unggul dan siap terjun di dunia kerja.

Kegiatan yang pertama dilakukan AHM ini menghadirkan beragam kegiatan yang diselenggarakan bersama main dealer Honda di seluruh Indonesia, seperti Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru dan Vocational Video Challenge.

PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT bersama SMK TBSM Honda binaan MPM Honda Jatim berpartisiapasi mengikuti Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru dengan mengirimkan 1 perwakilan guru.

Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru seleksi tingkat sub regional akan dilaksanakan pada tanggal 17 – 21 Januari 2022. Selanjutnya akan dipilih 12 besar untuk diikutkan di tingkat regional yang dilaksanakan pada 7 – 10 Februari 2022 untuk memilih 1 peserta guru yang akan mewakili MPM Honda Jatim pada Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru tingkat nasional.

Pada program Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru, para peserta kontes melakukan prakter kerja teknikal yang dilakukan secara Online dengan waktu 10 menit dan membawakan materi ajar yang sesuai kurikulum SMK yang implementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. Para peserta dinilai berdasarkan materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum.

Dan untuk kontes Vocational Video Challenge akan diikuti semua sekolah SMK TBSM Honda binaan MPM Honda Jatim. Dari sekolah akan mengirimkan 1 peserta untuk mengikuti seleksi Vocational Video Challenge ini yang akan dimulai pada Februari 2022. Dari perwakilan Jawa Timur nantinya akan dipilih 4 terbaik untuk dikirimkan ke tahap nasional.

Pada program Vocational Video Challenge, para peserta ditantang untuk membuat video belajar sepeda motor Honda berdurasi maksimal 10 menit. Video yang dikirimkan siswa terbagi menjadi 3 tema materi, yaitu pememeriksaan tegangan Battery dan pengukuran Peak Voltage, penggantian Seal Front Fork ataupun bongkar pasang Valve In dan Valve Ex. Pembuatan video dilakukan di laboratorium SMK masing-masing dengan unit sepeda motor Honda dan peralatan sesuai prosedur kerja di industri, dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat dalam pengawasan guru pembimbing di sekolah. Semua kontestan yang masuk sebagai finalis nasional akan memperebutkan beasiswa pendidikan puluhan juta rupiah

“Dengan semangat Satu Hati melalui Festival Vokasi Satu Hati ini dapat tercapainya link and Match antara Lembaga Pendidikan Vokasi dan Indiustri. Kami ingin berkontribusi dalam meningkatkan kualitas lulusan SMK agar dapat menghadapi daya saing di tengah tuntutan perkembangan industri yang pesat.“ kata Hatmarto selaku HR & GA Division Head MPM Honda Jatim.

Saat ini, MPM Honda Jatim telah membina 96 sekolah dan 6 diantaranya adalah sekolah yang berstandard A+ (sekolah yang dapat menyelenggarakan UKK (Uji Kompetensi keahlian)). Setiap tahunnya, MPM Honda Jatim mengadakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas dan skill guru beserta siswanya. Untuk guru ada pelatihan modul dasar, pelatihan modul lanjutan, Sertifikasi Bronze, Sertifikasi Silver. Untuk siswa ada Uji Kompetensi, Prakerin dimana pelaksanaannya juga bekerjasama dengan AHASS.

Selain untuk guru dan siswa, pada bulan Maret, Festival Vokasi Satu Hati akan menggelar Nastional Assement for SMK untuk monitoring dan kalibrasi kesiapan proses belajar dari sisi fasilitas, kegiatan kurikulum ajar dan kesiapan tenaga ajar. Seluruh rangkaian kegiatan akan ditutup dengan sesi apresiasi yang diberikan kepada dunia pendidikan baik untuk sekolah, para pengajar dan para siswa pada bulan April 2022.
Sementara itu, National Assesment for SMK 2022 akan mengevaluasi terhadap kinerja SMK mitra binaan AHM secara holistik yang secara konsisten dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan akan menjadi nilai rapor SMK mitra binaan. Adapun aspek penilaian melihat beberapa sisi yakni sarana dan prasarana SMK, sistem dan administrasi SMK, kesiapan tenaga ajar hingga prestasi SMK.

Festival Vokasi Satu Hati 2022 ditutup dengan rangkaian acara webinar menarik yang mengulas dunia pendidikan dan industri, sehingga dapat menambah wawasan para peserta yang hadir dalam kegiatan ini.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan Festival Vokasi Satu Hati merupakan terobosan positif guna memacu SMK binaan yang tersebar di 34 Provinsi agar terus mengembangkan setiap potensi dan kompetensi yang ada dalam lingkup sekolah. Harapannya, para siswa dan guru dapat semakin adaptif dengan situasi dan perkembangan teknologi.

”Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, kami terus berkomitmen untuk mengembangkan semua kompetensi yang dimiliki sekolah. Melalui Festival Vokasi Satu Hati, kami juga akan mengalibrasi kesiapan proses belajar mengajar dari hulu ke hilir, mulai dari kesiapan tenaga ajar hingga sarana fasilitas sekolah. Ini ikhtiar kami dalam berkontribusi mendorong kemajuan vokasi di Tanah Air,” ujar Muhibbuddin.

Yaps, MPM memang menjadi mitra setia SMK-SMK kenamaan di Jawa Timur untuk menjadikan lulusannya semakin berjaya di dunia teknisi khususnya roda 2. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

One thought on “MPM Honda Jatim Ajak 95 Guru dan Siswa Ramaikan Festival Vokasi Satu Hati

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini