Libur Lebaran Makin Nyaman Nunggang Honda PCX

Diposting pada

Motomazine.com – Memasuki libur lebaran, masyarakat Indonesia biasanya memanfaatkannya untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman ataupun tempat wisata.

Sebagai bentuk persiapan yang tidak kalah penting adalah menyiapkan kendaraan yang nyaman dan aman saat digunakan selama perjalanan. Salah satu kendaraan yang cocok untuk digunakan adalah matik besar Honda PCX160.

Bicara soal matik besar pastinya tidak lepas dari kenyamanan berkendara. Dengan bodi yang lebih besar, jok bisa lebih tinggi dan lebar sehingga posisi duduk pengendara lebih enak. Dengan begitu, Honda PCX160 pas buat dikendarai seorang diri atau sambil membawa boncengan, baik di perkotaan maupun di perjalanan luar kota. Pengendara dan penumpang bisa duduk nyaman meski waktu tempuh cukup panjang.

Berkendara jarak jauh seperti mudik lebaran atau touring menggunakan sepeda motor memang menyenangkan. Agar berkendara tidak mudah lelah yang berpotensi menurunkan konsentrasi, perlu diperhatikan postur berkendara yang tepat.

Berkendara dengan ride on position. Pada posisi ini, tubuh bagian atas pengendara akan lebih santai. Hal ini dikarenakan posisi punggung yang tegak sehingga dapat menurunkan stress pada bagian bahu, punggung dan leher.

Pada Honda PCX160, posisi stang kemudi yang sedikit lebih tinggi dari posisi pinggul membuat tangan bagian depan lebih rileks. Menurunnya ketegangan pada otot tangan bagian depan memberikan handling yang nyaman dan maksimal.

Selain itu, posisi lutut yang relatif rata dengan pinggul dapat mengurangi stres atau ketegangan pada paha, ditunjang dengan design jok yang mampu menyangga dengan baik.

Honda PCX 160 juga dilengkapi dengan sandaran kaki agar pengendara dapat berselonjor. Sandaran kaki tersebut tidak hanya diberikan pada pengemudi saja, penumpang pun mendapatkan kenyamanan serupa. Posisi berkendara ini disebut juga leasure position.

Leasure position merupakan posisi dimana kaki dapat berpindah ke bagian depan ketika sedang berkendara. Posisi ini dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan pada kaki bagian bawah atau betis saat melakukan perjalanan jarak jauh. Saat dirasa ketegangan pada kaki bagian bawah sudah membaik atau berkurang, kita bisa kembali pada posisi Ride On Position.

Dari segi fitur tambahan, PCX 160 telah mendukung USB Charger type A dengan tambahan socket untuk melakukan pengisian daya serta kapasitas bagasi, PCX 160 memiliki kapasitas tangki sebesar 30 liter sehingga pengendara dapat lebih leluasa ketika ingin membawa banyak barang bawaan.

โ€œDengan posisi berkendara yang benar serta kendaraan yang nyaman seperti Honda PCX, bikers Honda tetap dapat memperhatikan keselamatan dengan #cari_aman sehingga berkendara akan menjadi lebih aman dan menyenangkan serta ditunjang fitur-fitur yang bermanfaat seperti kehabisan daya ponsel saat berkendara hingga kerepotan membawa barang banyak seringkali dialami oleh pengendara motor. Dengan adanya fitur tersebut tentunya berkendara akan lebih nyaman,” kata Hari Setiawan, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim. Semoga berguna. (mmz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini