DIY: Ganti Oli Gardan ala Yamaha STSJ

Diposting pada

Motomazine.com – Setiap sepeda motor matic pasti Menggunakan dua jenis oli, yaitu oli mesin dan oli gardan. Keduanya sama-sama memiliki fungsi guna menunjang performa sepeda motor tetap dalam kondisi yang optimal. Oleh karena itu, konsumen wajib melakukan penggantian oli secara rutin agar kenyamanan berkendara tidak terganggu. Untuk oli gardan atau oli transmisi biasa digunakan untuk melumasi komponen transmisi pada mesin motor matic.  

“Hal yang wajib diketahui oleh pengendara sepeda motor adalah oli ini tidak akan berubah warna meski digunakan dalam waktu yang lama. Walaupun begitu, konsumen tetap dianjurkan untuk melakukan pergantian oli sebelum motor memiliki jarak tempuh 10.000 km. Kalau tidak segera diganti, bisa menyebabkan suara berisik pada gear box kendaraan dan menyebabkan kerusakan lainnya,” ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Meskipun tidak menerima panas pembakaran secara langsung seperti oli mesin, oli gardan tetap membutuhkan penggantian oli secara berkala dan dapat dilakukan secara mandiri dirumah. 

Peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti oli adalah kunci shock/ring 12mm. Setelah itu, proses diawali dengan memarkirkan kendaraan di tempat yang rata kemudian di standar tengah sehingga konsumen bisa membuka baut lubang pembuangan oli gardan. Tahap selanjutnya adalah buang oli kedalam suatu wadah penampungan, tunggu beberapa saat sampai oli benar-benar habis dan tidak tersisa. 

Jika oli sudah tidak tersisa, pasang dan tutup kembali baut pembuangan oli. Lalu, buka baut pengisian oli gardan dan masukan oli gardan kedalam lubang. Gear Motor Oil milik Yamalube memiliki tutup berbentuk corong yang dapat memudahkan konsumen untuk melakukan penggantian sendiri. Apabila volume sudah terisi sesuai dengan yang dianjurkan segera tutup dan kencangkan kembali baut. 

Konsumen bisa mendapatkan Spare Part asli Yamaha melalui seluruh jaringan bengkel resmi Surya Inti Putra (SIP) terdekat. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini