Gagal diPHP Cuaca, Jonathan Rea Juara Race 1 WSBK Ceko

Diposting pada

Motomazine.com – Hari ini Race 1 World Superbike seri Ceko diramaikan oleh kondisi cuaca yang tak menentu. Hasilnya pembalap Kawasaki Jonathan Rea berhasil merengkuh juara seri pertamanya musim ini. Posisi dua diisi pembalap PATA Yamaha, Toprak Razgatlioglu dan pembalap Barni Ducati, Danilo Petrucci sukses tenpati podium tiga.

Awal balapan trek sempat diguyur hujan. Kondisi inilah yang memaksa pembalap untuk gambling dalam pemilihan ban. Hampir semua pembalap memakai ban rain, namun ada juga beberapa diantara mereka yang memilih ban intermediate. Salah duanya adalah Toprak dan Rea.

Awal-awal balap saat kondisi trek masih basah, pembalap Yamaha yang kini tempati klasemen dua, Toprak Razgatlioglu langsung melorot. Wajar, doi pakai ban intermediate, dimana performanya pasti kalah menggigit dibanding ban rain. Alhasil Toprak terlempar ke posisi 12. Para pembalap yang memakai ban rain langsung melesat ke depan.

Selang 8 lap kemudian matahari muncul dan trek mulai mengering. Saat inilah para pembalap dengan ban intermediate memanas. Rea lebih dahulu panas sehingga sukses memimpin balapan. Sementara Toprak harus berjuang merebut posisi dari tempat ke-12. Terlebih Toprak sempat melebar dan harus kembali mengejar ketertinggalan.

Dan hingga bendera finish berkibar, Jonathan Rea dengan santai melenggang di posisi terdepan. Toprak yang berusaha mengejar Rea harus mengakui jika jaraknya terlalu jauh. Danilo Petrucci yang sedari awal menguntit Toprak, sukses amankan posisi tiga.

Alvaro Bautista yang sempat masuk ke pitlane dan berganti ban slick harus menuai kisah buruk. Berharap melesat cepat dan mengejar lawan-lawannya dengan ban intermediate, Alvaro justru stag di posisi 11. Doi catatkan waktu putaran di angka 1m32 detikan, sementara Toprak yang pakai ban intermediate bisa konstan di 1m34 detikan. Jadi ya gitu, Bautista finish di luar 10 besar dan kini jarak poin antar keduanya terpangkas menjadi 54 poin saja. (mmz)

https://twitter.com/WorldSBK/status/1685273073107304448?t=28Kp_-socOVOL3nrz_NWXw&s=19

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini