Wajib tahu, inilah bagian-bagian Sepeda Motor yang perlu dikasih Grease/Gemuk

Diposting pada

Motomazine.com – Selain melakukan perawatan pada komponen seperti busi, rantai, hingga CVT kendaraan, pengendara wajib mengetahui beberapa komponen lainnya yang tidak boleh luput dari perawatan berkala. Terdapat komponen pada sepeda motor yang wajib untuk diberi pelumas secara berkala agar performa kendaraan tetap terjaga. Komponen tersebut dibedakan dari pelumas yang digunakan yaitu oli dan grease atau gemuk. Tiap pelumas memiliki fungsinya masing-masing, sehingga pengendara wajib mengetahui perbedaan dari kedua pelumas tersebut. 

Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim menyampaikan bahwa “Kalau oli biasanya digunakan untuk melumasi rantai, standar, maupun kopling. Sementara Grease ini cenderung untuk melumasi komponen yang tidak terlihat seperti komstir, bearing, hingga swing arm. Jangan sampai komponen tersebut dilumasi dengan pelumas yang lain. Nanti akan mengganggu fungsi dan kinerja dari komponen itu sendiri.”

Pelumas ini berfungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara dua permukaan. Pemirsa wajib memahami bahwa penggunaan grease tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing komponen. Penggunaan berlebih juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen. Namun, penggunaan yang kurang juga dapat mengurangi efektivitas pada komponen. 

Grease atau gemuk cenderung memiliki tekstur yang berbeda dengan oli. Jika oli memiliki sifat tidak mudah mengering dan tidak membuat kotoran mudah menempel. Untuk grease memiliki tekstur lebih kental dan lengket. Oleh karena itu, grease biasa digunakan untuk melumasi bagian dalam. 

Untuk cara pengaplikasian, Grease diaplikasikan secara manual menggunakan grease gun. Pelumas ini dapat membantu menjaga keawetan dan kinerja kendaraan, sehingga dapat mencegah kerusakan pada komponen lainnya. 

“Pengecekan kendaraan juga bisa dilakukan di bengkel resmi Yamaha terdekat. Nanti akan dibantu oleh teknisi handal kami untuk merawat motor kesayangan konsumen. Sehingga kondisi kendaraan tetap prima dan siap digunakan,” tambah Ilham. (mmz)

Grease Genuine Yamaha terjamin keaslian dan kehandalannya merawat komponen sepeda motor

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini