Tips ala STSJ sebelum Touring Akhir Tahun

Diposting pada

Motomazine.com – Libur akhir tahun biasa digunakan oleh para bikers untuk pergi berlibur atau menyalurkan hobby touring bersama dengan keluarga atau rekan-rekan Komunitas. Beragam destinasi wisata menarik menjadi pilihan untuk melepas penat setelah sibuk beraktivitas. Berkendara jarak jauh menggunakan motor kerap dijadikan opsi yang dipilih oleh sebagian orang. Oleh karena itu, berbagai hal harus dipersiapkan agar touring bisa berjalan dengan lancar dan pengendara selamat sampai tujuan.

“Untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan, para rider harus membekali dirinya dengan persiapan yang matang. Selain kesehatan pengendara, pastinya kondisi motor juga harus diperhatikan. Sebelum bepergian, pastikan kendaraan dalam keadaan yang prima dan siap untuk bepergian dengan jarak yang jauh. Apabila pengendara lelah, segera melipir untuk beristirahat sejenak,” ungkap William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Adapun William membagikan beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh para rider sebelum touring jarak jauh :

  1. Sediakan Jaket Tebal

Penggunaan jaket yang tebal dapat membantu menangkal hawa dingin selama berkendara. Hal ini dapat membantu untuk menjaga kondisi badan pengendara tetap fit hingga sampai tujuan. Selain itu, penggunaan jaket tebal juga dapat membantu meminimalisir gesekan atau benturan yang mungkin terjadi apabila pengendara mengalami kecelakaan.

  1. Gunakan Helm SNI

Salah satu safety gear yang wajib digunakan oleh pengendara adalah helm berstandar SNI. Penggunaan helm dapat memberikan berbagai macam manfaat. Selain melindungi kepala, visor atau bagian kaca depan dapat membantu pengendara menghalau debu, atau hewan kecil yang dapat mengganggu penglihatan pengendara selama berada dijalan.

  1. Siapkan Jas Hujan

Jas hujan menjadi salah satu barang yang wajib dibawa oleh pengendara sepeda motor. Faktor cuaca yang tidak menentu membuat pengendara harus berjaga-jaga untuk membawa jas hujan. Hindari penggunaan jas hujan berwarna gelap agar pengendara lain tidak kesulitan dalam melihat posisi pengendara.

  1. Pastikan kondisi motor dalam keadaan yang prima

Sebelum bepergian pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan yang sehat. Cek kondisi rantai, aki, oli, ban dan kondisi lampu sebelum bepergian. Pengendara disarankan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu ke bengkel resmi jika akan bepergian jarak jauh. Hal ini guna menghindari kemungkinan buruk yang terjadi ketika berada dijalan.

  1. Perhatikan barang bawaan sesuai dengan kapasitas motor

Hindari membawa barang bawaan melebihi kapasitas motor. Sebagai alternatif, pengendara bisa menggunakan sepeda motor dengan kapasitas bagasi yang luas atau memiliki double hook pada kendaraannya. Semoga membantu… (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini