Wajib Tahu! Fungsi “Black Box” di Skutik Honda

Diposting pada

Motomazine.com – Skutik Honda keluaran terbaru umumnya dibekali “black box”. Black Box yang dimaksud bukanlah alat perekam peristiwa selayaknya di pesawat terbang, melainkan satu alat yang berfungsi menunjang keselamatan pengendara skutik Honda. Apakah fungsinya sevital itu? Ya bisa dibilang penting. Karena kegunaan alat ini adalah memberikan informasi sekaligus warning apabila pengendara melampaui kewajaran dalam berkendara.

Black box pada skutik Honda yang dimaksud terletak di atas CVT tepatnya belakang dudukan suspensi. Posisi ini diambil bukan tanpa tujuan. Semua sudah diperhitungkan dengan matang dan maksimal agar fungsi motor tetap optimal dan efisien.

Lantas apa sih black box pada skutik Honda ini? Black box skutik Honda ini berisi sensor pembaca kecepatan yang terhubung dengan gigi girboks untuk mengetahui putaran saat motor digunakan.

Pada sepeda motor matic keluaran terbaru, pembaca kecepatan bukan lagi kawat yang terhubung dengan as roda depan, melainkan sensor pembaca kecepatan yang terletak di atas CVT tersebut.

Hal ini senada dengan yang pernah disampaikan Pak Sarwono Edi, Technical Service Division PT. Astra Honda Motor (AHM). “Di dalam kotak itu ada wheel speed sensor atau yang lebih dikenal dengan sensor kecepatan,” tuturnya dilansir dari Gridoto.

Kenapa sensor pembaca kecepatan tersebut harus ditutup cover plastik berwarna hitam? Tujuannya adalah meminimalisir piranti sensor pembaca kecepatan terkena debu maupun cipratan air, sehingga kompone tersebut akan lebih awet.

So, mulai sekarang jangan bingung lagi dengan fungsi black box yang ada di skutik Honda. Fungsinya sebagai pembaca kecepatan skutik Honda pemirsa semua. Berbeda loh ya dengan black box yang ada di pesawat… Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini