Yang Baru di MotoGP. Pembalap Bakal Touring di Lintasan Basah Sirkuit Losail, Qatar

Diposting pada 54 views


qatar-rain-2009

Motomazine.com – Salam safety riding masbro… Ada yang baru lagi nih Cak di ajang MotoGP musim 2018. Ya, jelang awal musim 2018 Dorna kembali keluarkan aturan baru terkait keselamatan pembalap saat jalani laga perdana di sirkuit Losail, Qatar. Hal ini erat kaitannya dengan kondisi lintasan Losail yang seringkali diguyur hujan.

Seperti yang kita tahu masbro, beberapa seri balapan di Qatar selalu ditunda gegara turun hujan. Dan biasanya nih, hujan  di Losail itu selalu deras luar biasa. Dan menyikapi hal ini biasanya juga pihak penyelenggara bakal menunda balapan hingga menunggu kondisi benar-benar aman untuk dilangsungkannya balapan.

Balapan di Losail memang penuh dengan tantangan Cak. Sirkuit yang terletak di tengah gurun pasir ini memang menjadi momok tersendiri buat dilangsungkannya balapan. Jika balapan dihelat siang hari, maka otomatis pasir-pasir lembut yang dibawa angin bakalana masuk ke lintasan. Dan tentu ini sangat berbahaya sekali.

Tak heran kiranya jika pada akhirnya pihak penyelanggara balap melangsungkan balapan seri Losail Qatar di malam hari, bermandikan cahaya lampu yang konon mampu dipakai menerangi 30 lapangan bola sekaligus.

Lantas, apakah permasalahannya selesai? Belum Cak… Dengan adanya cahaya lampu di malam hari tentu menimbulkan masalah tersendiri bagi pembalap jika harus balapan di bawah guyuran hujan. Ya, sinar lampu yang jatuh ke lintasan dan mengenai permukaan air tentu sangat berbahaya karena akan memantul ke pembalap. Dan tentu, visibilitas rider pun bisa terganggu.

Baca juga:

Bukan rebutan laptime

Dijelaskan oleh Mike Webb, Race Director MotoGP, kegiatan terbaru di balap malam sirkuit Losail ini nanti bukan dipakai untuk mencari laptime terbaik. Yup, berbeda dengan sesi free practice 1,2,3,4 hingga kualifikasi, secara teknis touring bersama ini nanti dilakukan oleh pembalap di sesi terakhir hari Sabtu.

losail-day-3-qatar-test

Dilansir dari Crash.net teknisnya nanti adalah trek akan dibasahi kemudian pembalap bakal dilepas bersamaan untuk mengitari sirkuit. Sekali lagi, ini hanya simulasi balap trek basah di malam hari Cak, bukan mencari waktu terbaik.

Webb belum percaya sepenuhnya pada Capirossi

Mengenai membalap di malam hari dalam kondisi lintasan basah ini sebenarnya dari pihak Dorna sendiri sudah melakukan tes internal. Yup, siapa lagi kalau bukan Loris Capirossi yang melakukannya. Mantan pembalap MotoGP yang kini duduk di dewan komisi keselamatan balap ini secara langsung merasakan pengalaman bagaimana membalap di Losail, malam hari, dalam kondisi lintasan basah.

Dan walupun pada kesimpulannya Capirossi mengucapkan “OK”, artinya balapan bisa berlangsung di sirkuit basah, namun Mike Webb, si Race Director lagi-lagi belum percaya begitu saja dengan Capirex.

“Yang kami inginnkan adalah konfirmasi dari banyak pembalap bersama dalam sebuah grup, dengan semprotan air, di motor MotoGP dan pendapat dari pembalap yang benar-benar berkompetisi di kejuaraan. Ini adalah keputusan besar tentang keselamatan. Dan keputusan itu akan datang dari banyak pembalap yang menyetujuinya,” tutur Webb.

Di kancah balap MotoGP segala sesuatu, termasuk hal-hal kecil bisa saja menimbulkan potensi bahaya yang sangat besar Cak. Sampean bayangkan saja, motor melaju hingga kecepatan di atas 250 km/jam, di malam hari pula. Dengan adanya air di lintasan, selain pantulan cahaya lampu yang bisa menyilaukan pandangan pembalap, tentu efek aquaplaning juga sangat berbahaya di sini.

Kondisi permukaan aspal yang dingin (malam) ditambah genangan air akan menjadi potensi yang sangat berbahaya bagi pembalap. Dalam kondisi seperti ini tentu traksi ban pada permukaan aspal bakal sangat minim.

Untuk itu, demi mengutamakan keselamatan pembalap, akan digelarlah sebuah simulasi balapan basah,di akhir sesi tes hari Sabtu dengan cara mendatangkan 18 truk besar berisi air untuk membasahio seluruh lintasan. Atau bahkan jika Tuhan berkehendak, bisa saja hujan benar-benar turun saat tes simulasi balap basah digelar. Gimana Cak? Sudah jelas kan..? Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Mari berbagi komentar di sini