Netijen Makin Cerdas, Click Bait is Bullsh1t!

Diposting pada 48 views

MOTOMAZINE.COM – Sedikit mau curhat… Sebagai penulis kadang saya juga gedeg ngelihat sebuah artikel yang isi sama judulnya gak nyambung. Atau judulnya berapi-api ternyata isinya sakuprit. Atau membahas apa yang lagi trend, bisa jadi trigger jempolan, tapi mak plente, berlakunya gak di Indonesia. Biar apa coba? Netijen sekarang sudah semakin cerdas, click bait is bullsh1t!

Sebagai penulis memang menimbulkan kepuasan tersendiri jika tulisan kita dibaca dan disukai banyak orang. Gak melulu soal finansial, tapi lebih ke prestasi, penghargaan atau kemanfaatan bagi banyak orang. Kan ada tuh Om kata-kata mutiaranya. Sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Tapi dewasa ini sepertinya beberapa penulis tak lagi indahkan kepedulian tersebut. Lebih banyak yang justru fokus ke cara narik pembaca saja. Ya termasuk membuat judul yang menjebak, seakan-akan menarik banget. Setelah dibuka, dibaca, lahdalah…zonk…

Baca juga : Tips Berkendara Saat Hujan ini Tak Berlaku Buat Panther Tua

Judul artikel memang menjadi magnet ampuh bagi pemirsa. Dengan melihat judul yang membuat penasaran maka pembaca akan otomatis membuka artikel tersebut dengan harapan rasa penasarannya terjawab. Oke sih, kalau isinya relevan dengan judul gak  masalah. Bagus malah.

Tapi ya itu tadi.. Kalau ternyata isinya sama sekali berbeda dengan apa yang digambarkan di judul, itu yang sangat disayangkan.  Padahal keinginan pembaca untuk berselancar di dunia website tentu saja ingin mendapat setitik pencerahan atas apa yang menjadi kerisuannya.

Lha kalau ternyata yang dibuka adalah bullsh1t, apa gak malah tambah dongkol nantinya. Belum lagi sumpah serapah  atau komentar miring yang sering dilayangkan di kolom komentar. Monggo deh sampeyan searching. Pasti banyak yang begitu…

Kalau sudah begitu alih-alih pembaca kembali. Bisa-bisa malah diblok dari perambannya dia. Sayang kan?

Makanya lebih baik kita mengetangahkan konten yang relevan dengan judul. Intinya pengunjung puas kita pun tak melakukan tindak manipulasi hanya demi sebuah traffic. Sekian curhatan pagi ini dan silahkan dicaci maki… (mmz)

Baca juga : Pemeran Mandi di Atas Motor Akhirnya Keciduk

15 thoughts on “Netijen Makin Cerdas, Click Bait is Bullsh1t!

Silahkan Komentarnya Kangbro