Mendeteksi Masalah Injeksi Motor Honda dengan Membaca MIL

Diposting pada 62 views

MOTOMAZINE.COM – Kangbro, Mendeteksi masalah pada sepeda motor bisa beragam caranya. Salah satunya pada sepeda motor Honda. Masalah yang mungkin terjadi pada motor Honda bisa dideteksi hanya dengan memperhatikan kediapan lampu MIL. Ya, melalui kedipan lampu indikator injeksi di motor Honda, masalah yang mungkin timbul bisa diketahui.

Sebelum melanjutkan bahasan kita tentang mendeteksi masalah sepeda motor Honda dengan membaca MIL, memangnya apa sih MIL itu sendiri? Jadi MIL adalah Malfunction Indicator Lamp.

Ternyata indikator lampu injeksi itu punya banyak fungsi. Dan dari sanalah kita bisa membaca masalah yang mungkin timbul pada sepeda motor Honda kita. Lampu MIL sendiri bisa ditemukan di speedometer, berwarna orange dengan gambar mesin di tengahnya.

Idealnya lampu MIL menyala ketika kontak diputar ke arah ON. Selang tak lama kemudian lampu MIL tersebut akan mati. Dalam kondisi seperti ini dipastikan keadaan PGM-FI motor dalam keadaaan baik-biak saja, dan motor siap dihidupkan. Tapi begitu lampu MIL berkedip-kedip,maka artinya terjadi masalah pada injeksi motor Honda sampeyan.

Cara membaca MIL pada sepeda motor Honda

Seperti mmz tuliskan di atas, lampu MIL bisa menginformasikan kondisi motor. Tergantung pada jenis kedipannya. Lazimnya ada dua jenis kedipan pada lampu MIL Honda. Yang pertama adalah kedipan panjang (1,3 detik) dan kedipan pendek (0,3 detik).

Penting untuk diketahui sama sampeyan, satu kedipan panjang sama dengan sepuluh kedipan pendek. Sebagai contoh, Jika kita melihat MIL berkedip panjang satu kali ditambah kedipan kecil sebanyak dua kali maka totalnya adalah 12 kali kedipan.

Lampu MIL berkedip 12 kali artinya ada masalah pada system injector. Bisa jadi rangkaiannya tak berfungsi, atau bisa juga kontaknya longgar. Jadi motor tidak bisa di-ON kan.

Dan ini hanya satu contoh yang lazim terjadi dan sering dihadapi oleh penunggang motor Honda.

Nah, jika sampeyan mengalami hal serupa seperti di atas, sampeyan gak perlu khawatir lagi. Silahkan bawa sepeda motor Honda sampeyan ke bengkel AHASS terdekat. Karena AHASS lah bengkel resmi Honda yang menjamin service dan pelayanan terbaik untuk konsumen Honda. Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro