Gak Usah Bingung, Bayar Tol tanpa Stop bakal Berlaku Mulai 2022

Diposting pada

Motomazine.com – Usaha pemerintah untuk membawa rakyatnya melek teknologi makin meninggi. Saat ini pemerintah sedang mempersiapkan sebuah teknologi yang memungkinakan mobil masuk tol tanpa harus berhenti. Bermain sensor? Tentu saja. Meski sedikit membagongkan di awal, tapi kita tak boleh bingung. Karena nantinya juga semua akan mengalaminya. Bayar tol tanpa stop ini bakal berlaku mulai 2022.

Adalah Multi Lane Free Flow atau yang disingkat MLFF. Teknologi ini nantinya mencegah penumpukan kendaraan di gerbang tol, karena tak pengendara tak perlu berhenti untuk melakukan pembayaran. Sampean tak perlu berhenti dan tak perlu lagi nempel-nempelin kartu.

Baca juga:Β Tarif Tol Madiun-Malang untuk Bus. Monggo Buat Referensi

Ke depan nanti akan ada tiga cara pembayaran tiket e tol tanpa harus berhenti ini. Yang pertama adalah electronic on-board unit (e-OBU), on board unit (OBU), dan electronic route ticket.

Nantinya kesemua aplikasi ini akan terhubung dengan smartphone. Jadi tiap kali mau melakukan perjalanan yang melewati gerbang tol, kita tinggal melakukan pembayaran terlebih dahulu, termasuk memasukan data kendaraan, yang tentu sudah terdaftar sebelumnya.

Jadi bisa diatakan juga nantinya sistem akan bermain dengan GPS. Setelah pengguna memencet tombol mulai (pada e-OBU) maka kendaraan dan pengguna yang telah terdaftar langsung terekam oleh GPS pusat untuk kemudian MLFF mengindikasi keberadaan kendaraan via GPS.

Cara yang kedua masih mirip yakni OBU. Bedanya pada OBU kali ini kita bisa membeli paket OBU sekali pakai. Dengan kata lain aplikasi ini mudah sampean gunakan saat memakai kendaraan bukan pribadi, atau kendaraan orang lain. Sebagai contoh suruh nyetirin, atau rental mungkin.

Aplikasi yang ketiga adalah electronic route ticket. Electronic route ticket ini recommended buat yang jarang bepergian via tol. Jadi kita tinggal membeli ERT sekali pakai dengan memasukkan tujuan. Yakni pintu masuk dan pintu keluar. Nah di sana nanti akan tertera harga yang harus kita bayar.

Baca juga:Β Sepeda Motor Boleh Masuk Tol asal Penuhi Syarat Berikut ini

Rencananya MLFF ini akan mulai pada Desember 2022 dan pada Septemebr 2023 target semua pintu tol sudah menerapkannya. Nah loh, bayangin saja dulu. (mmz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini