Touring nunggang nmax

Tips Mudik Lebaran 2023 ala STSJ

Diposting pada

Motomazine.com – Menjelang mudik lebaran, PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) selaku main dealer motor Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, dan Nusa Tenggara memberikan beberapa tips bagi masyarakat yang akan mudik khususnya menggunakan kendaraan roda dua. Tidak hanya kondisi badan yang harus prima, namun kondisi kendaraan juga harus dalam keadaan yang fit.

“Untuk kegiatan yang setiap tahun rutin dilakukan oleh masyarakat di Indonesia, kami tidak akan pernah bosan untuk selalu mengingatkan hal-hal yang harus diperhatikan oleh para pemudik. Tentunya hal ini bertujuan agar para pemudik bisa selamat sampai kampung halamannya. Selain itu, beberapa hal yang harus diperhatikan agar pemudik tetap merasa aman dan nyaman dalam berkendara,” ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service & SparePart Yamaha STSJ.

Pentingnya melakukan persiapan sebelum melakukan perjalanan mudik sangat penting, agar pemudik tetap bisa konsentrasi selama di perjalanan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut merupakan tips yang dibagikan oleh Yamaha kepada para pemudik, sebagai berikut:

Periksa kondisi motor sebelum berkendara 

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan bahwa kondisi kendaraan anda dalam keadaan yang prima. Mulai dari alur ban, tekanan angin, kondisi kelistrikan, lampu, hingga sistem pengereman kendaraan. Pastikan aki kendaraan dalam keadaan baik agar tidak menghambat perjalanan anda. Pengecekan standar ini wajib dilakukan oleh semua pengendara agar perjalanan mudik bisa dilalui dengan kondisi motor yang prima.

Perhatikan muatan kendaraan

Pemudik wajib memperhatikan barang bawaan yang akan diletakan di kendaraan. Pastikan bahwa muatan tidak melebihi badan motor, karena hal ini akan mengganggu kinerja kendaraan anda. Bawalah barang secukupnya, dan berkendara tidak lebih dari dua orang. Selain menyebabkan penumpang tidak nyaman, kendaraan juga akan lebih sulit dikendarai.

Kondisi fisik pengendara harus prima

Selain kondisi kendaraan yang prima, pemudik juga harus memastikan bahwa dirinya dalam keadaan siap untuk menerjang arus mudik. Pastikan pemudik tidur yang cukup agar tidak mengurangi konsentrasi selama diperjalanan. Obat-obatan pribadi juga dianjurkan untuk dibawa guna berjaga-jaga terjadi hal yang tidak diinginkan.

Gunakan safety gear yang lengkap

Pastikan untuk menggunakan perlengkapan kendaraan mulai dari helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu. Gunakan pakaian yang nyaman agar tidak membatasi pergerakan ketika berkendara. Bagi wanita, hindari penggunaan rok guna menghindari rok terlilit di ban motor.

Itulah beberapa tips penting selama mudik lebaran 2023 ini yang bisa sampean aplikasikan guna menunjang keselamatan berkendara. Selamat mudik dan selamat lebaran. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini