FYI: Perawatan yang harus dilakukan pasca Motor dipakai Touring Jauh ala STSJ

Diposting pada

Motomazine.com – Perawatan kendaraan biasanya dilakukan oleh para bikers ketika ingin bepergian atau touring jarak jauh. Namun, masih banyak bikers yang belum tau bahwa kendaraan juga perlu melakukan perawatan pasca touring atau perjalanan jarak jauh. Sebab kendaraan akan bekerja lebih ekstra sehingga memerlukan perawatan. Hal ini guna menjaga dan mengembalikan performa kendaraan seperti sedia kala.

“Bagi bikers yang memang suka melakukan perjalanan jauh, perlu memperhatikan kondisi kendaraannya pasca bepergian jarak jauh. Selain menjaga agar kondisi motor tetap prima, hal ini bermanfaat untuk memastikan keselamatan para pemotor. Pengecekan bisa dilakukan secara sendiri maupun pergi ke bengkel resmi Yamaha,” ungkap Om Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Berikut merupakan tips yang dipaparkan oleh Yamaha STSJ terkait dengan perawatan rutin kendaraan pasca bepergian jauh:

  1. Bersihkan kendaraan

Pastikan Langkah pertama yang dilakukan adalah membersihkan kendaraan dari debu yang menempel. Sebab kotoran yang menempel berpotensi untuk mengganggu kinerja pada kendaraan. Oleh karena itu, segera cuci kendaraan menggunakan air dan sabun khusus kendaraan.

  1. Oli Mesin

Langkah selanjutnya adalah lakukan pengecekan pada oli mesin setelah melakukan perjalanan jarak jauh. Pastikan volume, kekentalan, hingga warna oli dalam kondisi yang baik dan layak. Apabila sudah tidak sesuai, bikers bisa segera melakukan penggantian oli pada kendaraan. Biasanya, penggantian oli dilakukan setiap 3.000 km atau setiap 3 bulan sekali sesuai dengan buku service.

  1. Filter Udara

Kondisi filter udara yang kotor penuh dengan debu akan berpengaruh pada tarikan kendaraan. Filter udara yang kotor bisa menyebabkan tarikan pada kendaraan lebih berat sehingga konsumsi bahan bakar akan semakin boros. Segera ganti filter udara yang baru sehingga performa kendaraan tetap terjaga.

  1. Kampas Rem

Rem merupakan salah satu komponen yang berperan penting ketika pengendara bepergian. Kinerja rem akan berimbas kepada menipisnya kampas rem pada kendaraan. Hal ini ditandai dengan suara decitan ketika pengendara melakukan pengereman. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, perhatikan selalu kondisi kampas rem pada kendaraan.

  1. Kondisi Ban

Mengingat ban memiliki fungsi untuk menopang beban motor, komponen ini menjadi salah satu komponen yang tidak boleh luput dari pengecekan. Pastikan ban tidak dalam kondisi yang aus maupun ada sobek, lubang, atau botak pada ban. Tekanan pada ban juga harus sesuai dengan standar pabrikan sepeda motor. Sehingga berkendara tetap aman dan nyaman di jalan.

Itulah 5 tips perawatan yang sebaiknya pemirsa lakukan pasca motor dipakai touring jarak jauh. Pastikan melakukan perawatan berkala dan rutin agar sepeda motor senantiasa bekerja secara optimal. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini