Penting! Begini Syarat dan Cara Klaim Garansi 5 Tahun Rangka Yamaha

Diposting pada

Motomazine.com – Yamaha baru saja berikan garansi rangka 5 tahun Yamaha. Promo ini berlaku mulai tanggal 1 Oktober kemarin. Jadi mulai awal Oktober, pembelian semua jenis sepeda motor Yamaha, apapun tipenya, akan langsung mendapatkan paket garansi rangka 5 tahun. Namun perlu pemirsa ketahui juga jikalau klaim rangka tidak boleh sengawur itu. Asal datang ke bengkel resmi Yamaha, terus langsung minta klaim. Tidak bisa semudah itu juga. Perlu ada syarat dn ketentuan yang harus pemirsa taati.

Melansir pernyataan resmi dari PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) di sela-sela presscon program garansi 5 tahun rangka Yamaha, didapatkan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan syarat, ketentuan dan cara klaim apabila rangka motor Yamaha pemirsa bermasalah.

Berikut mmz sudah siapkan untuk pemirsa bagaimana klaim garansi rangka itu berlaku, dan bagaimana caranya.

Garansi berlaku untuk:

  • Adanya kesalahan atau kekurangan pada konstruksi, artinya jika terdapat kesalahan ataupun kekurangan rangka ataupun piranti lainya sejak lahir/bawaan dari pabrik. Dengan demikian jika ada kesalahan dari konsumen sendiri otomatis garansi hangus. Hal ini terkait dengan artikel sebelumnya, di sini. Kejadian lain yang bisa menggugurkan garansi rangka adalah memodifikasi rangka/konstruksi motor tersebut. Penambahan aksesoris di luar aksesoris resmi pabrikan juga bisa menghanguskan garansi. Menambah crash bar, sliding crash, atau apapun yang menempel langsung ke rangka.
  • Kesalahan, kekurangan bahan, material produk. Hal ini bisa terjadi karena miss di quality control. Bisa dikatakan hal ini terjadi karena kesalahan murni dari pabrikan. Secara otomatis kasus seperti ini menjadi tanggungjawab pihak Yamaha. Mudahnya ada kesalahan saat pemilihan bahan, pencampuran bahan atau perlakuan terhadap material yang akan digunakan.
  • Kesalahan atau kekurangan proses produksi. Kesalahan ini terjadi saat proses produksi rangka. Seperti kita tahu, proses pembuatan rangka sepeda motor Yamaha sekarang ini sudah menggunakan sistem pengelasan oleh robot. Kesalahan produksi memang sangat minim terjadi, namun yang namanya sebuah pekerjaan, bisa saja terjadi keteledoran.

Cara Pengajuan Klaim Garansi:

  • Klaim dapat diajukan jika telah memenuhi semua ketentuan garansi.
  • Pengajuan klaim untuk garansi hanya dapat dilakukan di Dealer Resmi Yamaha atau Bengkel Resmi Yamaha yang berstatus sebagai ACS (Authorized Claim Shop) diseluruh Indonesia.
  • Buku Garansi dan Servis yang diserahkan oleh dealer harus dilengkapi dengan bukti:
  • Telah dilakukan Pemeriksaan Sebelum Penyerahan (PDI), yang disertai tanggal, cap, tanda tangan dan nama mekanik pelaksana PDI.
  • Garansi hanya berlaku untuk sepeda motor yang dirawat secara teratur di Bengkel Resmi Yamaha diseluruh Indonesia. Sesuai jadwal servis berkala yang telah ditentukan dalam buku servis.
  • Termasuk apabila sepeda motor berpindah tangan, garansi tetap berlaku sepanjang mengikuti ketentuan di Buku Garansi dan Servis. Klaim hanya mencakup:
  • Penggantian suku cadang (bila perlu).
  • Ongkos kerja perbaikan pada saat klaim.
  • Pemilik/pembawa sepeda motor tidak dibebankan biaya atas klaim yang diajukannya.
  • Klaim tidak mencakup biaya-biaya tidak langsung, seperti:
  • Biaya perbaikan/penyetelan dan penggantian suku cadang yang telah dilakukan Bengkel sebelum proses klaim diajukan.
  • Biaya transportasi, telepon, hotel, dll.
  • Biaya pengobatan jika karena sesuatu hal terjadi kecelakaan dan/atau biaya untuk penggantian kerusakan barang-barang lainnya.
  • Biaya kompensasi untuk waktu selama perbaikan berlangsung.

Nah itulah syarat dan ketentuan serta cara melakukan klaim garansi 5 tahun rangka sepeda motor Yamaha. Ada banyak syarat dan ketentuan yang harus pemirsa perhatikan agar bisa melakukan klaim tatkala rangka sepeda motor pemirsa mengalami masalah. Kita tidak pernah tahu kapan masalah bisa terjadi, tetapi dengan mentaati buku pedoman pemilik, termasuk servis rutin dan tidak melakukan modifikasi di luar ketentuan, saya yakin sepeda motor Yamaha pemirsa mampu bekerja secara optimal, aman dan nyaman digunakan, bahkan dalam 20 tahun ke depan atau lebih. (mmz)

Yamaha Gear 125 warna terbaru. Skutik multifungsi pelengkap aktivitas Gen Z yang irit dan kokoh

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

1 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini