First Ride Impression All New Honda CBR150R di sirkuit dadakan The Park Solo Mall

image

Motomazine.com – salam safety riding bro sis.. Berkesempatan mengunjungi teman, sahabat dan dulur di Jawa Tengah tentu saja membuat MMz semakin antusias untuk melangkahkan kaki ke The Park Solo Mall. Berdalih ingin tahu kediaman teman (aslinya pengen nyoba nunggangin espegeh, eh new CBR150R) MMz akhirnya meluangkan waktu dan berkunjung ke tanah kelahiran Presiden Jokowi tersebut.
Pada artikel sebelumnya MMz telah menyajikan kepada kanjeng pembaca semuanya (niru kata-katanya blogger kondang), mengenai bagaimana lika-liku perjalanan menuju ke The Park Mall Solo, serta meriahnya acara bertajuk Own the Ride nya New Honda CBR150R.
Dan tibalah saatnya, pada artikel kali ini MMz bakal sajikan bagaimana sih impresi setelah melakukan test ride New Honda CBR150R itu..???
Dan di artikel ini pula MMz sengaja gak akan bikin part-part cerita layaknya sinetron. Wes bakal motomazine langsung ulas dan kupas tuntas. Lagian apa juga yang mau dibikin part-part, wong arena test ride nya saja cuman sak uprit.
So.. Siapkan kesabaran masbro semua untuk menyimak artikel ini sampai habis.. Biar gak nyesel..
1. Ergonomi

image

Bagi saya yang bertinggi tubuh 178 cm dengan bobot 72 kilogram memang bukanlah hal yang menyulitkan untuk menunggangi New CBR150R ini. Kaki mampu menapak sempurna ke tanah. Pun jok juga terasa nyaman. Cukup empuk bagi motorsport yang biasanya konsen pada performa saja. PxLxT new CBR150R adalah 1983x694x1038 mm.
Posisi duduk walaupun bisa dibilang terkesan racy (lumayan membungkuk) namun masih cukup bersahabat. Posisi pijakan footstep depan juga cukup pas menurut MMz. Kalau istilah mudahnya posisi gantungnya gak nanggung.

image

2. Performa
Nah ini… Jujur menurut MMz yang belum banyak menunggangi motor sport Honda secara harian, dan cenderung sering test ride saja,secara performa si New CBR150R ini mirip-mirip dengan New CB150R. Entah, mungkin efek penggunaan mesin yang common part juga mungkin. Tarikan lumayan enteng dan menghentak namun tak cukup mengintimidasi. All New Honda CBR150R diklaim mampu memuntahkan power hingga 16,9 HP@9.000rpm serta torsi puncak mencapai 13,7 Nm@7.000rpm.

image

Berkali-kali MMz mencoba wheelie (sayang ora dipoto 😆 ) si New CBR150R ini lumayan responsif juga. Roda depan dengan mudah terangkat (lagi-lagi mirip New CB150R). Sayang, tiap kail rpm hingga menyentuh 8000-9000rpm untuk ngajak motor wheelie tetiba terdengar suara “bletak”, saat roda depan mulai terangkat. Rasanya sih seperti pengapian yang diputus otomatis (cmiiw).
3. Handling
Untuk urusan handling harus diakui, dibanding Honda CBR lokal lama si New CBR150R jauh lebih baik. Buat berlika-liku, lepas tangan, berbalik arah tanpa menurunkan kaki semua sukses MMz lakukan. Lumayan nurut namun masih membawa karakter Honda yang sedikit “sakarepe dewe”. Gejala ini MMz rasakan saat motor dipacu lumayan cepat (50-60 km/jam) untuk kemudian direm belakang dengan mendadak. Gejala ngebuang itu terasa sekali di bagian belakang.

image

Mengenai pengeremannya, okelah… Cukup pakem. Tak seperti kebanyakan orang dan teman blogger MMz yang seorang FBY tulen bilang, bahwa rem Honda itu “glunus” (nlonyor: red). Namun ya itu, masih belum sepakem kompetitor.
Sementara… itu saja yang MMz rasakan dari riding singkat all New Honda CBR150R di sirkuit dadakan parkir The Park Solo Mall. Sirkuit beralaskan paving dengan panjang lintasan lurus sekitar 25 meter bolak-balik.
Oh ya.. Pesen MMz bagi EO atau panitia penyelenggara test ride adalah, Jangan sekalipun melepas lebih dari satu motor dengan satu rider di arena test ride yang sama.
Ini motor sport loh. Pasti semua berlomba-lomba ingin mengeksplor akselerasi, handlig serta kemampuan pengeremannya. Alhasil, pasti banyak yang mencoba melakukan hard breaking. Termasuk MMz.
Kenapa MMz bilang seperti ini? Sebab saat melakukan test ride Sabtu lalu, nyaris saja MMz menghantam tester rider lain yang tetiba saja berhenti di depan MMz (saat itu ada 2 motor yang dilepas), dimana MMz tengah melaju lumayan kencang untuk persiapan hard breaking. Untung MMz cukup mampu menguasai keadaan hingga tabrakan pun bisa terhindarkan..
Akan tetapi, bagaimanapun wah… rasanya jian tenan masbro.. Kalau istilah Jawanya “langsung puret sanalika”. Bagaimana tidak coba, dua motor fairing kunyus-kunyus seharga 34 jutaan harus ambyar gegara kesalahan teknis…

image

So… Hendaknya ini dijadikan pertimbangan tersendiri bagi pihak penyelenggara event serupa di lain waktu nanti..
Sementara segitu dulu aja masbro review singkat MMz, sekaligus first ride impression mengendarai all New Honda CBR150R.
Semoga saja nanti ada dealer Honda yang sudi meminjami blogger pinggiran ini untuk melakukan review harian New CBR150R. Agar bisa lebih mengeksplor bakat terpendam dari motor yang dilaunching oleh Marc Marquez dan Dani Pedrosa ini… :mrgreen: (MMz)

image

pengen test ride yang ini keburu hujan 😆

Artikel terkait:


=======================
Bro dan sis punya informasi seputar otomotif dan kehidupan? Share saja bareng motomazine di:
• email: motomazineblog@gmail.com
• facebook: motomazine.com
• twitter: @aguztino86
• BB: 524dbd4e
• IG: motomazineblog
• WA: 085233819298

Iklan

Tentang motomazine

Pecinta Dunia Otomotif yang sedang belajar sharing di dunia maya.Apapun asalkan berhubungan dengan mesin, roda dua, roda empat pebalap, dan kehidupan manusia akan selalu senang untuk saya perbincangkan
Pos ini dipublikasikan di New Bike dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

32 Balasan ke First Ride Impression All New Honda CBR150R di sirkuit dadakan The Park Solo Mall

  1. Rudhay berkata:

    gambar isor dewe.. hadeuhhh.. ngajak kere kui

    Suka

  2. Mase berkata:

    Asem rek belahane… Nyut nyut…

    Disukai oleh 1 orang

  3. lamik gemini berkata:

    Bagus om belahan dual headlampnya.. *opss 😀

    Suka

  4. Budi Santoso berkata:

    wew belahane

    Disukai oleh 1 orang

  5. John_Hendy berkata:

    Lngkp amat kyk dpt amplop aja

    Suka

  6. sugimasihada berkata:

    beeeh… ra nutot lak testride ngisore… #eeh :O

    Disukai oleh 1 orang

  7. Impresi nunggang ireng putih paling ngisor piye kang? #eh

    Penjualan Kawasaki KLX150 Masih Sangat Laris di Pasaran https://adventuriderz.com/2016/04/06/penjualan-kawasaki-klx150-masih-sangat-laris-di-pasaran/

    Suka

  8. ArenaSepedaMotor berkata:

    bersebelahan atau berbelahan

    Suka

Silahkan berkomentar.. Monggo...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s