ADV150, Bukti Honda Nyaman di Posisinya?

Diposting pada 687 views

MOTOMAZINE.COM – ADV150, Bukti Honda nyaman di posisinya? Yaps, sebuah pemikiran yang akhirnya muncul setelah saya mengamati apa yang dilakukan oleh pabrikan sayap mengepak tersebut. Honda terlihat tak ingin latah mengikuti kompetitor tapi justru seakan membuka kelas sendiri.

Sedari awal bocoran skutik Honda sebenarnya mengarah ke lawan Aerox. Kalau sampeyan simak, artikel Honda calon lawan Aerox sempat mengundang banyal sekali pembaca. Artinya konsumen ingin Aerox gak melenggang sendirian. Kenapa harus Aerox? Ya karena NMAX sudah dilawan PCX.

Tapi begitu mendekati tahap peluncuran, konsumen dan enthusiast biker justru diseret ke pandangan berbeda. Makin mendekat Honda makin meninggalkan lawan skutik kelas 150 cc yang kini melenggang sendirian tersebut.

Dan terbukti, tanggal 19 Juli kemarin, di GIIAS, Honda terbukti berikan gebrakan yang cukup mencengangkan. Honda merilis ADV150, skutik berkubikasi 150cc bergenre adventure bike. Adik dari si X-ADV 750. Skutik dual purpose Honda di kelas yang lebih gede.

Gebrakan ini nyata membuat mata pecinta skutik Indonesia terbelalak. Yaps, Honda keluar dari persaingan. Tak lagi ATM, Honda kini lebih berani membuka kelas sendiri. Tak lagi head to head, Honda justru nyemplung di kelas yang bahkan tak dimasuki kompetitor sama sekali.

Ini artinya Honda sepertinya tengah berada di zona nyamannya hingga tak lagi menghiraukan pertumpahan oli, halah, di kelas skutik 150 cc.

Secara harga juga, bukannya mepet, Honda justru merilis ADV150 dengan harga yang lumayan. Honda ADV150 CBS dibanderol dengan harga Rp 33,5 juta sementara Honda ADV150 ABS dibanderol Rp 36 juta keduanya OTR Jakarta. Makin terlihat kan Honda tak lagi bermain di kelas yang sedang digarap kompetitor?

Dan fenomena ini menyeret saya pada pernyataan Direktur Marketing PT. MPM, Bapak Dendy Sean, dimana beliau pernah mengatakan jikalau Honda saat ini tengah benar-benar melihat minat masyarakat Indonesia. Entahlah, tapi biker tanah air sekarang seperti tengah mengalami kenaikan kelas. Mereka cenderung suka motor-motor premium dengan harga yang tentu premium juga.

Jadi jangan kaget jikalau akhirnya, tetiba Honda mengeluarkan produk-produk yang sama sekali tak ditempati kompetitor. Termasuk Vario Advance mungkin? Halah… Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro