Hati-hati Memodifikasi Lampu-lampu, Scoopy in Gosong akibat Arus Pendek

Diposting pada

Motomazine.com – Sebuah kejadian kurang mengenakkan baru saja dialami salah satu member grup FB Bekakas. Yaps, gegara kurang teliti memodifikasi lampu-lampu, dengan menambah beberapa aksesoris, Honda Scoopy miliknya justru alami arus pendek hingga terbakar.

Kejadian yang sungguh menyesakkan. Sayangnya si empunya tidak menjelaskan duduk kronologi kenapa motornya bisa terbakar. Yang pasti dari gambar yang terlihat, motor tersebut terbakar akibat korsleting kabel listrik di bagian buritan.

Pesan moralnya adalah, halah, gini… Boleh saja melakukan modifikasi terhadap lmapu-lampu untuk mempercantik tampilan sepeda motor, selama itu sampean anggap perlu. Yang lebih penting lagi adalah, jangan memasang aksesoris lampu yang terlalu lebai.

Maksutnya lampu aksesoris yang justru membuat pengendara lain terganggu. Lampu tembak yang terlalu dongak misalkan, atau bahkan lampu stoplamp dengan nyala putih atau biru. Asli, saya gedeg banget melihat lampu stoplamp berwarna biru. Cukup strobo nya pak Pol saja yang begitu, sampean gak usah lebai ngikutin.

Resikonya lagi saat sampean melakukan modifikasi perkabelan untuk membuat lampu aksesoris menyala adalah tentu saja akan menggugurkan garansi. Ini nyesek! Alih-alih membuat motor tampil beda dan menjadi lirikan, eh yang ada malah tekor.

Jadi berhati-hatilah saat ingin memasang lampu tambahan pada sepeda motor kesayangan. Kalau saran saya sih gak usah. Sudah biar lampu asli bawaan motor saja yang nyala. Toh sampean gak butuh penerangan buat nyuluh katak. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini