Luca Marini: Saya lebih Buruk daripada Lorenzo untuk Ergonomi

Diposting pada

Motomazine.com – Pembalap Mooney VR46 Luca Marini meninggalkan tes Mandalika dengan senyum sumringah. Pembalap satelit yang nunggang motor pabrikan ini berhasil menjadi yang tercepat di hari kedua, dan tercepat ketiga pada hari ketiga. Cuma tes sih, tetapi ini bisa menjadi barometer betapa Marini dan Ducati patut mendapat perhatian para rival. Lucunya pembalap yang juga adik Valentino Rossi ini mengaku cerewet terkait ergonomi. Yaps, doi bercanda dengan mengatakan kalau dia lebih buruk daripada Lorenzo soal mengganti setelan ergonomi.

“Perasaan dengan motor meningkat dari waktu ke waktu. Saya merasa nyaman mengendarai motor, bahkan dengan ban bekas. Saya rasa saya punya potensi di trek ini,” tutur Marini sesaat setelah lakoni tes pramusim MotoGP Mandalika.

Kunci Marini lebih bagus di Ducati GP22 nya adalah ergonomi. Yaps, hal paling mendasar karena kita tahu Luca Marini adalah pembalap paling tinggi di grid MotoGP. Doi punya tinggi tubuh hingga 182 cm. Dan akan sangat sulit melakukan tuck ini saat lurusan. Pun saat harus menata tubuh saat menikung.

“Saya terus bekerja pada aera itu (ergonomi). Ini luar biasa, dan mungkin saya lebih buruk daripada Lorenzo (tertawa). Saya meminta begitu banyak dan mungkin Ducati membenciku.Tapi tahun ini saya merasa lebih baik di atas motor,” tambah pembalap bernomor 10 tersebut.

Luca Marini tes pramusim Mandalika

Kenapa Lorenzo? Kalau kita ingat saat Lorenzo membela Ducati, pembalap Spanyol jebolan Yamaha tersebut meminta banyak sekali ubahan pada Desmosedici GP18. Yang paling kentara tentu saja ubahan pada ‘tangki’ dan bahkan triple clamp yang dibikin semirip Yamaha.

Dan hasilnya, Lorenzo melesat menangi tiga balapan. Artinya ergonomi pembalap di atas motor berperan sangat penting demi mendukung maksimalisasi seorang rider. Jadi tidak salah jika Marini juga meminta perubahan ergonomi pada Ducatinya.

“GP22 punya sedikit ruang lebih dan ini fantastis. Saya berharap terus membaik hingga seri Qatar. Karena saat saya tidak nyaman maka saya akan kehilangan sepersekian detik di trek lurus.” tutupnya. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini