[Valencia Test] Marquez: Dengan Motor ini Kita Tak bisa Bertarung untuk Kejuaraan!

Diposting pada

Motomazine.com – Tes MotoGP yang digelar di sirkuit Valencia berikan kesempatan pembalap untuk mencoba motor baru yang akan mereka gunakan untuk musim 2023. Tes ini sangat penting untuk menentukan langkah pabrikan selama jeda musim dingin guna menentukan arah pengembangan. Terutama bagi pembalap-pembalap yang berganti motor, tes Valencia akan sangat krusial. Selalu banyak hal baru dengan sentuhan awal terhadap motor yang baru. Pun dengan pembalap Honda, Marc Marquez. Pria asal Spanyol ini langsung mengkritisi motor prototype yang ia tes. Bergantian Marc melakukan putaran dengan motor versi 2022 dan 2023. Meski begitu, si 93 telah berikan clue PR besar bagi Honda. Terutama teknisi di Jepang sana.

Marc terlihat memakai dua versi motor yakni versi 2022 dan 2023. Perbedaan nampak dari model fairing depan, lubang air ram, serta knalpot yang ada di buntut RC213V. Menariknya, dua model RC213V ini sama-sama pakai swingarm aluminium besutan Kalex.

“Pada dasarnya kita melakukan pengujian terhadap motor proto saja, dengan mesin yang serupa namun berbeda paket aero,” terang Marquez seperti dilansir dari the-race.com.

“Tak banyak perbedaan, hanya berikan sedikit feeling lebih baik di area depan. Meski begitu ada beberapa area yang hilang. Catatan waktu antara motor lama dan baru hampir sama saja, jadi kesimpulannya secara performa kedua motor ini tak berbeda jauh,” tambah Marc.

Ditanya apa yang diharapkan, Marquez punya jawaban yang akan membuat insinyur-insinyur Honda di Jepang tak nyenyak tidur.

“Kamu selalu berharap lebih. Poin terpentingnya adalah Honda bekerja, dan saya yakin Honda akan bekerja lebih keras lagi di Februari nanti. Lebih keras dari sekarang, karena saya menginginkan yang lebih.”

“Saya senang dengan modifikasi yang dilakukan pada mesin. Itu memberikan sedikit tambahan torsi. Sedikit saja tapi. Saya rasa masalahnya masih mirip dengan RC213V 2022. Saya menginginkan cengkeraman ban belakang yang lebih banyak. Saya tak bisa berkata bahwa saya kecewa, karena saya tahu Honda sedang bekerja, mereka mencoba dan akan berikan sesuatu yang lebih lagi. Kita butuh langkah yang lebih besar, agar tak berhenti di sini dan mendekati pabrikan-pabrikan top lainnya.” Tutup the baby alien.

So kita nantikan saja akan seperti apa update yang dibawa Honda setidaknya hingga tes bulan Februari mendatang di Sepang. Saat ini yang pasti Honda melakukan berbagai rombakan pada paket aero RC213V. Mulai dari desain lubang air ram, side fairing, beberapa kali ‘buntut stegosaurus’ dan knalpot yang lebih menjulang keluar dari buntut. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini