First Ride Impressions: Bikin Kaget! Inilah yang Membuat Yamaha XMAX Connected Pas banget buat Touring

Diposting pada

Motomazine.com – Barusan saja mmz berkesempatan menguji langsung aka melakukan test ride terhadap si skutik gembrot keluaran Yamaha, XMAX 250 Connected. Motor skutik Yamaha yang merupakan suksesor dari XMAX versi non connected ini hadir dalam berbagai pembaruan, yang membuat saya langsung terperanjat. Kaget! Asli, banyak banget faktor yang membuat Yamaha XMAX Connected ini pas banget dipakai touring! Penasaran? Silahkan deh sampean simak.

Yamaha baru saja merilis New XMAX Connected dengan membenamkan fitur-fitur unggulan penunjang touring. Buat sampean yang sudah familiar dengan ‘feeling’ dari Yamaha XMAX pasti langsungย  menganggukkan kepala tatkala kita membahas power dan kenyamanan. Tenang, itu akan kita bahas pada video terpisah. Yang justru sangat menunjang kenyamanan berkendara adalah fitur Y-Connect, membuat rider serasa lebih menyatu dengan motor. Karena smartphone bisa langsung terhubung dengan si XMAX ini.

Secara mesin tak banyak ubahan berati. Karena untuk urusan power dan torsi XMAX sudah jagonya lah ya… Mengusung mesin 4-tak SOHC 250cc berpendingin cairan XMAX ini mampu muntahkan power maksimal di angka 22,5 HP @7000 rpm dan torsi puncak di angka 24,3 Nm @5500 rpm. Saat sampean membuka gasnya secara brutal, wes asli tenaga yang tersalur ke roda belakang langsung terasa. Dan berikut impresi perdana mmz ngejajal Yamaha XMAX Connected.

  1. Performa

Untuk urusan performa boleh lah kita acungkan jempol. Yamaha XMAX Connected punya tenaga besar yang tersimpan saat RPM menyentuh angka 6000-an. Silahkan deh sampean coba, apalagi kalau kita berani mematikan fitur TCS (Traction Control System), tenaga yang tersalur ke roda belakang langsung kerasa menghentak.

Buat yang belum terbiasa dengan XMAX mungkin akan sedikit kaget. Pasalnya ini skutik memang ngeri jambakan tengahnya! Apalagi kalau sampean bertubuh mungil, bobot New XMAX Connected yang menyentuh angka 181 kg ini akanย  jadi PR tersendiri.

Tapi ya itu enaknya, Yamaha membenamkan TCS, jadi motor ini lebih aman tatkala sampean kelupaan membuka gas dengan sangat brutal atau mungkin membukanya pas di jalanan berpasir. Aman, ECU akan otomatis memerintahkan agar power yang tersalur ke roda belakang dikurangi, jadi aman. Gejala sliding dapat diminimalisir.

Satu lagi yang paling saya suka dari XMAX ini adalah getaran mesinnya yang sangat minim. Alus pisan euy!!! Ya memang selalu seperti oti si XMAX. Dan inilah yang membuat XMAX sangat pas dijadikan mitra touring. Mau sejauh apapun sampean ngebejek motor ini, niscaya tangan aman dari kesemutan. Pun posisi ridingnya yang sangat nyaman membuat sampean akan berbetah ada di atas joknya. Ngankang sih, tapi asyik….

2. Handling

Handling Yamaha XMAX juga boleh dibilang sangat jempolan. Siapa yang bisa meragukan sasis racikan Yamaha? Beugh.. Kualat sampean. Meski Yamaha XMAX ini bodinya gede dan bobotnya berat, tapi nih motor enak banget dipakai rebah, nikung, wes pokoknya kalau sudah jalan sampean bakal lupa kalau berat isi skutik ini nembus 181 kilogram.

Yang sangat saya suka selain handlingnya yang lincah adalah pengeremannya masbro. Sampean bakal nyesel kalau sampai meremehkan kemampuan pengereman si XMAX Connected ini. Lagi-lagi, DNA kepakeman rem generasi XMAX masih terjaga dengan baik! Remnya empuk, presisi dan aman banget karena ada fitur Ant-lock Braking System (ABS) double depan belakang.

Mau sedalam apapun sampean ngebejek itu rem, depan belakang bareng, atau kayak gimana sampean mainin pengereman, nih motor gak akan ngesot, ngedecit atau sliding. Pakem, enak, empuk. Dan ini yang lagi-lagi membuat saya jatuh cinta sama XMAX Connected.

3. Fitur

Nah ini, yang sanget berguna buat sampean pecinta touring. Yamaha XMAX terbaru sudah menyandang nama connected. Artinya si XMAX ini sudah bisa terkoneksi dengan samrtphone. Aplikasinya juga bisa sampean download secara resmi di Appstore maupun Playstore.

Dengan fitur Y-Connect ini sampean bisa memantau semau perlakuan motor dari layar speedometer yang sudah memakai fitur TFT bertumpuk. Layar speedometernya lebar, terkoneksi dengan GPS (Garmin) pula. Wes jian asyik! Touring gak bakal dah kesasar-sasar…

Hanya dengan mengkoneksikan motor dengan smartphone via bluetooth, semua informasi yang sampean perlukan selama perjalanan tertera lengkap di dashboard. Smeua kendali pun ada di tuas sebelah kiri. Tinggal pencet-pencet tombol select, you can control only on your left hand. Gimana, manteb kan?

Konsumsi rata-rata bahan bakar si XMAX Connected ini juga boleh dibilang irit untuk ukuran motor 250cc. Di speedometer smepat menunjukkan konsumsi BBM nya sekitar 24 koma sekian kilometer perliter. Dan itu akan meningkat saat sampean membawa XMAX ini jalan jauh ke luar kota. Buktikan saja kalau tidak percaya. Bawa ke Bromo misalnya…

So, itulah sekelebat first impressions motomazine ngejajal Yamaha XMAX Connected 2023. Motor ini dibanderol seharga Rp 66.000.000 OTR Jakarta atau sekitar Rp 67 jutaan OTR Jatim. Gak salah memang, menjadikan Yamaha XMAX Connected ini sebagai mitra tpuring sampean. Rak bakal kecewa masbro, yakin deh! (mmz)

Spesifikasi Yamaha XMAX Connected

Tipe Mesin Liquid Cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves
Jumlah / Posisi Silinder Single Cylinder
Isi Silinder 249.8 cc
Diameter X Langkah 70.0 mm X 64.9 mm
Perbandingan Kompresi 10.5 : 1
Daya Maksimum 16.8kW / 7000 rpm
Torsi Maksimum 24.3 Nm / 5500 rpm
Sistem Starter Electric Starter
Sistem Pelumasan Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin Total = 1.7 L ; Berkala = 1.5 L
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Kopling Dry, Centrifugal Automatic
Tipe Transmisi V-belt Automatic

Sasis Yamaha XMAX 250

Tipe Rangka Backbone
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 120/70-15M/C 56P
Ban Belakang 140/70-14M/C 62P
Rem Depan Disc Brake
Rem Belakang Disc Brak

Kelistrikan Yamaha XMAX 250

Sistem Pengapian TCI
Battery GTZ8V
Tipe Busi NGK/ LMAR8A-9

Dimensi & Berat Yamaha XMAX 250

P X L X T 2180 mm x 795 mm x 1460 mm
Jarak Sumbu Roda 1540 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 135 mm
Tinggi Tempat Duduk 795 mm
Berat isi 181 kg
Kapasitas Tangki Bensin 13 L

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini