MotoGP, Massimo Rivola: “Akan ada ECU Baru dan Saya tidak Menyukainya”

Diposting pada

Motomazine.com – Direktur balap tim Aprilia Factory Racing Massimo Rivola mengungkaps sebuah fakta baru yang mungkin belum banyak oang ketahui. Ya, mulai 2023 ini akan hadir ECU baru untuk tim pabrikan MotoGP. Magneti Marelli merilis ECU terbaru untuk sema tim pabrikan, dan ini diakui Rivola sangatlah merepotkan. Wajar jika akhirnya pria Noale itu tak menyukainya.

“Semua tim pabrikan akan mendapatkan ECU terbaru Magneti Marelli. Tim satelit boleh menggunakan ECU sekarang untuk 2023,” tutur Massimo seperti ditulis PaddockGP.

“Sekarang kita punya pekerjaan ganda yang lebih rumit. Saya tidak menyuakainya, tapi ini adalah aturan dan kami harus mengikutinya. Divisi elektronik Kami saat inipun juga bekerja keras. Ada beberapa aspek dari sepeda motor yang masih bisa dikembangkan. Baik mesin, sasis, elektronik dan aerodinamikanya, kami bisa membuat motor yang lebih baik untuk musim 2023,”

“Dengan mesin, kami bisa mengukurnya di saat tes, untuk aerodinamika kamu bisa mengetesnya di lorong angin, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus ditambahkan dengan beberapa ramuan lagi. Bagian ini tidaklah terlihat terlalu jelas. Tapi kenyataannya tetaplah kembali ke pembalap, apakah mereka menemukan peningkatan ataukah tidak.” tambah mantan tim teknis F1 tersebut.

Yaps, mulai musim 2023 nanti semua tim pabrikan akan mendapat ECU baru dari Magneti Marelli. Entah ada program apa dari Dorna. Karena dengan ECU yang baru bagi tim pabrikan dan ECU lama untuk tim satelit/independen, maka bisa dipastikan setelan motor akan berbeda.

Set-up Aprilia bisa saja berbeda dengan RNF, Ducati bisa berbeda dari Pramac dan Mooney, KTM bisa berbeda dengan GasGas, dan HRT pun bisa berbeda dengan LCR. Hanya Yamaha yang sendirian gak membutuhkan feedback setting ECU. Karena mereka memang bekerja sendiri alias gak punya tim satelit. Ada-ada saja ini Mbah Ezpelata! (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini