MotoGP: Yamaha Kelimpungan, KTM malah ingin beralih ke Inline 4

Diposting pada

Motomazine.com – Mencnengangkan membaca berita yang belakangan ini beredar. Seperti kita ketahui bersama, MotoGP akan beralih ke mesin 850cc mulai 2027 nanti. Dengan waktu yang tinggal dua tahunan ini semua pabrikan berlomba siapkan mesin baru untuk menghadapi regulasi baru tersebut. Tak terlepas pabrikan asal Autria, KTM. Entah sengaja ingin membuat riuh atau ini beneran masuk agenda, Pit Biere dkk. berencana siapkan opsi mesin inline-4 untuk RC16.

Sebuah opsi yang tentu membuat semua terbelalak. Bagaimana tidak, hingga saat ini cuma Yamaha yang masihย  bertahan dengan mesin inline-4. Pun dengan berbagai penderitaan yang mendera, Yamaha M1 tampil sebagai pasukan sunmori dengan pembalap-pembalap Honda. Di Le Mans Fabio merasakan kemajuan, tapi sayang doi harus crash.

Pabrikan yang mengumumkan telah memulai project mesin 850cc adalah Aprilia. Massimo Rivola sempat mengatakan bahwa mereka telah memulai project tersebut. Kali ini KTM yang ditengarai telah mendatangkan seorang insinyur mesin balap untuk ikut menggarap KTM RC16 mesin 850cc model 2027, Kurt Trieb.

Melansir dari TMCBlog, Kurt Trieb sendiri adalah insinyur yang sudah berhasil mengembangkan desain awal unit BMW M1000RR mesin 4 segaris yang saat ini berkibar lewat Toprak Razgatlioglu di kancah WSBK.

“Semua orang sepakat bahwa kita harus mempertahankan konsep empat silinder yang digunakan semua pabrikan, namun tetap dengan opsi diferensiasi. Yang tidak diinginkan semua orang adalah konsepnya meningkat seperti di masa lalu,” tutur Sebastian Risse, Direktur Teknologi KTM MotoGP dari sumber yang sama.

“Sangat menarik melihat opsi lain dari mesin empat silinder. Saya juga tidak mengesampingkan mesin empat silinder segaris. Saya hanya bisa katakan kami memutuskan konsepnya, tetapi belum bisa kami katakan hari ini,” tambahnya.

Menarik, jika KTM benar-benar membangun mesin empat silinder segaris untuk RC16 850cc model 2027, artinya KTM telah melihat data betapa mesin inline-4 ini punya kekuatan spesial. Sekarang tinggal Yamaha, akankah tetap bertahan pada mesin tersebut, atau mencoba opsi lain mesin V4 seperti yang sudah didengungkan selama ini. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini