Yamaha XSR250? Ya Sudah kita Pantengin saja dulu

Diposting pada 168 views
xsr250 motomazine

MOTOMAZINE.COM – Sebelumnya mohon maaf karena mmz baru bisa menyapa sampeyan, pembaca yang berbahagia siang jelang sore ini. Yaps, kegiatan di dunia nyata yang sedikit menyita perhatian membuat saya harus memfokuskan otak dan tenaga di sana. Yawes langsung saja, kabar terbaru menyebutkan Yamaha tengah siapkan XSR250. Gek iki motor opo maneh to mas…??? Sebentar, pelan-pelan aja dulu, sambil diresapin motor Yamaha XSR tuh kayak apa sih?

Sebagai pecinta otomotif anda pasti sudah sangat paham dengan varian XSR. Hadir dalam dua versi moge, Yamaha memproduksi XSR700 dan XSR900. Modelnya retro-retro gitu sih. wes pokoknya buat sampeyan pecinta motor retro berteknologi modern pasti hati langsung terjatuh pada tampilan XSR series.

yamaha xsr 700 motomazine
Yamaha XSR700

Baik XSR700 maupun XSR900 punya basis desain yang sama. Keduanya sama-sama menawarkan aura kasih, eh kekar pada sekujur bodinya. Lampu depan danbelakang pun didesain bulat. Pun dengan suspensi depan XSR700 yang masih mengandalkan model teleskopik biasa.

Bedanya adalah XSR700 dibekali mesin 700 cc inline twin (2 silinder), sementara XSR900 lebih gede dengan kubikasi 900 cc 3 silinder inline. Selain itu sasis XSR900 juga terllihat lebih kekar dengan balutan deltabox-nya. Beda dengan XSR700 yang masih mengandalkan sasis tubular aka teralisnya. Ya mirip-mirip sasis MT-25 lah…

yamaha xsr900 motomazine
Yamaha XSR900

Dan atas dasar ini pulalah sepertinya Youngmachine punya prediksi bahwa Yamaha Indonesia juga akan menghadirkan XSR250. Sasisnya tentu saja nyomot dari sasis MT-25 pun dengan mesinnya juga. 250 cc 2 silinder.

Nah, yang jadi pertanyaan sekarang adalah… Benarkah YIMM akan menghadirkan model XSR250? Di Indonesia? Sebab jika ramalan si YM ini benar maka mau tak mau Indonesia jugalah yang nantinya bakal “ketiban sampur” membuat model XSR250 ini. Lha piye, sekarang moge-moge Yamaha global saja dibikin sama YIMM, otomatis kalau XSR250 jadi rilis yang memproduksi nantinya sudah pasti Yamaha Indonesia juga.

Dan akalau benar-benar hadir ke pasar Indonesia, emang urgent banget ya menghadirkan motor ini? Secara MT-25 facelift saja masih samar. Kalau menurut mmz sih mending seriusin dulu ngegarap MT-25 facelift. Baru nanti setelah respon masyarakat bagus, bolehlah memikirkan menghadirkan XSR250 juga.

mt 25 facelift motomazine
MT25 facelift (render YM)

Sebab gini loh Cak, mau diakui atau tidak, makin ke sini sepertinya konsumen-konsumen mature tuh cenderungnya lebih suka motor yang praktis. Sebut saja matic, atau kalau gak ya motor sport tapi yang tegak, bukan fairing. Dan kalaupun mereka memilih motor sport, kebanykan pilihan juga jatuh ke motor sport yang “umum”, bukan yang bodinya nyeleneh.

Gambaran ini mmz dapatkan dari temen-temen penyuka moge yang sering ngopi bareng. Ya, bukannya motor fairing, rata-rata mereka memilih motor bertipe telanjang. Katakan saja para punggawa KZOI AE District yang lebih memilih Z900 ketimbang Z900RS.

Tapi ini tentu kembali lagi pada kebijakan YIMM. Jika mereka memandang perlu menghadirkan XSR250… Ya why not gitu loh… Toh para penggila motor sport 250 nantinya juga tentu bakal berpandangan lain begitu menyaksikan sosoknya langsung.

So, kita tunggu saja lah… Bakal kayak apa langkah Yamaha ke depan. Apakah fokus pada MT-25 facelift, ataukah juga sudah menjadwalkan XSR250 sebagai penambah varian. Ingat, Yamaha sekarang tengah gencar-gencarnya bikin seabreg varian loh. Di kelas 125-155 saja misalnya…. Di sana bertengger Freego (3 tipe), Lexi (3 tipe),Aerox (3 tipe) dan NMAX (2 tipe). Jadi kalau nantinya ada R25, MT25 dan XSR250 ya jangan heran mas… Semoga berguna… (mmz)

2 thoughts on “Yamaha XSR250? Ya Sudah kita Pantengin saja dulu

Silahkan Komentarnya Kangbro