Kalender MotoGP 2019 Resmi dirilis. Ada 19 Seri tidak Termasuk Mexico

Diposting pada 57 views

Motomazine.com – Masbro, Selamat pagi semua… Maaf kemarin seharian mmz cuman nerbitin satu artikel. Asemb, mati listrik kangbro. Bukan sejam dua jam, tapi dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Opo ora senep coba? Oke, lanjut ke artikel, meski musim 2018 belum usai tapi pihak Dorna telah merilis kalender resmi balap MotoGP musim 2019. Dan dari beberapa kasak-kusuk termasuk berbagai pertimbangan alot, musim 2019 nanti gelaran balap MotoGP hanya akan mempertandingkan 19 seri tak termasuk Mexico.

Yap, seperti kita ketahui sebelumnya, para pembalap memang menolak balapan di Mexico. Alasannya jelas Kangbro, apalagi kau karena bukan faktor safety. Tembok pembatas yang terlalu dekat dengan trek, ditambah kurang jauhnya area gravel dinilai menjadi konsen utama para pembalap hingga akhirnya memutuskan menolak balapan di Mexico. Dan hasilnya, Dorna mencoret Mexico dari daftar. Jadi hanya akan ada 19 seri saja.

Baca juga:

Yang menarik lagi dari kalender MotoGP musim 2019 adalah tetap masuknya sirkuit Silverstone ke dalam jadwal. Yoi, meski gagal gelar balapan namun Dorna sepertinya kembali memberikan opsi kepada Silverstone untuk berbenah termasuk memperbaiki sistem drainase apabila kembali hujan.

Satu lagi sirkuit baru yang masuk ke dalam kalender adalah Sirkuit Chang Buriram. Sirkuit yang sudah menjadi langganan untuk ajang balap WSBK ini akhirnya juga resmi dihadiahi kesempatan menjadi tuan rumah balap motor paling akbar sejagad, MotoGP. Gelaran balap MotoGP Thailand sendiri akan digelar pada bulan Oktober 2019 atau beriringan dengan seri Sepang.

Selain itu, Dorna rupanya juga merevisi balap perdana Qatar. Yoi Kangbro, lebih maju dibanding tahun-tahun sebelumnya. Mulai tahun depan kita sudah akan bisa menyaksikan balap MotoGP pada tanggal 10 Maret, tak perlu menunggu sampai April. Balap Qatar masih dihelat malam hari dan menjadi satu-satunya sirkuit yang menggelar balapan malam hari. Isu mengenai Sepang yang juga akan menggelar balapan di malam hari jelas tak terbukti.

Last… Meski sudah mengantongi 19 nama sirkuit untuk menjadi tuan rumah balap MotoGP musim 2019, namun Dorna sepertinya masih punya ambisi menggelar 20 seri balap pada musim 2020 nanti. Nyatanya mereka kembali memberikan kesempatan pada Finlandia untuk terus berbenah, termasuk tak menutup kemungkinan juga Mexico yang musim depan ditolak.

Karena mulai musim depan dipastikan balap MotoGP bakal lebih ramai. Kenapa? Karena selain Moto3, balap Moto2 yang pakai mesin baru (Triumph), balap motor listrik atau e-MotoGP sepertinya juga akan dihelat secara resmi.

So, makin banyak gelaran balap, makin banyak seri yang dipertandingkan, otomatis minat penonton bakal lebih membludak, tiket terjual habis, dan Dorna bakal makin sugeh. Lha Indonesia, piye? Semoga berguna… (mmz)

Provisional 2019 MotoGP Calendar


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan Berkomentar di bawah sini