Lakukan ini jika Terpaksa harus Nerobos Genangan Air

Diposting pada

Motomazine.com – Musim penghujan tiba. Kondisi struktur jalanan saat ini sangatlah beragam. Ada yang masih mulus, namun banyak juga yang sudah berlubang. Iya…lubang.. Wkwkwk.. Nganu, intinya kalau jalanan berlubang itu pasti terendam genangan air ketika hujan. Dan jika sampean dihadapkan pada lubang berjalan, eh jalanan berlubang yang tergenang air, sementara satu-satunya akses ya di situ saja, berikut mmz kasih tips buat melewati genangan air.

Banyak yang tidak tahu, bahwa menerobos genangan air berbahaya bagi kendaraan, karena dapat menyebabkan korosi atau karat pada komponen motor yang terbuat dari besi. Jika air masuk ke ruang bakar, akan terjadi water hammer yang menyebabkan kerusakan pada komponen di bagian mesin motor. Selain itu berpotensi untuk terjadi konsleting listrik yang bisa merusak komponen kelistrikan motor.

“Terlebih jika genangan air tinggi sampe merendam kampas rem, pengereman jadi tidak maksimal saat melewati genangan air atau jalan yang licin. Oleh karena itu, sebaiknya pengendara mencari alternatif jalan lain,” Ujar Om Ilham Wahyudi selaku GM Service & Sparepart Yamaha STSJ.

Jika pengendara dengan terpaksa harus melewati jalan tersebut, berikut tips yang dibagikan oleh Yamaha STSJ untuk pengendara yang menghadapi kondisi tersebut: 

1.    Hindari genangan jika mencapai knalpot dan filter udara. 

2.    Berkendara dengan bukaan gas yang konstan.

3.    Jika mesin mati, cabut busi terlebih dahulu lalu keringkan.

4.    Bagi motor matic yang habis melintasi banjir, buka selang pembuangan air di bagian bawah cover CVT.

5.    Lakukan pemeriksaan lanjutan pada oli mesin, oli transmisi dan kelistrikan.

“Pengendara juga harus memperhatikan kondisi motor seperti ban dan jadwal service, sehingga kendaraan siap menerjang kondisi-kondisi tertentu di jalanan,” Tambah om Ilham.

Nah itulah yang bisa kita lakukan untuk menjaga sepeda motor tetap aman meskipun harus menerobos genangan air. Jangan abai, acuh apalagi ngawur. Berbahaya! (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

One thought on “Lakukan ini jika Terpaksa harus Nerobos Genangan Air

  1. Ping-balik: Lakukan ini jika Terpaksa harus Nerobos Genangan Air - Jatimotoblog

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini