Tips Menjaga Ruang Bakar tetap Cling ala Yamaha STSJ

Diposting pada

Motomazine.com – Ruang Bakar merupakan salah satu part dalam motor yang wajib diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Komponen ini berfungsi sebagai tempat pembakaran bahan bakar dan udara dibagian kepala silinder. Proses pembakaran ini akan menghasilkan energy yang nantinya akan menggerakan mesin sehingga kendaraan dapat berjalan kembali. Walaupun letak komponen ini ada di dalam mesin motor, namun tidak boleh luput dari perhatian pemilik kendaraan sehingga performa pembakaran tetap optimal.

“Kondisi ruang bakar yang tidak optimal akan berdampak buruk pada mesin kendaraan. Seperti konsumsi bahan bakar yang lebih boros karena pembakaran yang tidak sempurna, kondisi mesin lebih cepat panas karena adanya endapan karbon di ruang bakar, kepala busi juga cepat menghitam sehingga busi cepat mati. Maka dari itu Pentingnya menjaga kondisi ruang bakar agar hal-hal tersebut tidak terjadi pada kendaraan kesayangan anda,” ungkap Pak Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Pria murah senyum tersebut menyampaikan cara perawatan ruang bakar pada kendaraan, sebagai berikut:

  1. Gunakan oli sesuai spesifikasi

Selain berfungsi untuk memberikan pelumasan pada komponen mesin. Oli mesin juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran gas di ruang bakar. Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan agar performa kendaraan tetap terjaga.

  1. Rutin service secara berkala

Untuk mengembalikan performa mesin tetap optimal, konsumen wajib untuk melakukan service rutin pada kendaraan. Kondisi motor yang terawat akan memberikan experience berkendara yang menyenangkan. Hal ini tentu akan berdampak pada performa mesin dan bahan bakar yang efisiensi.

  1. Gunakan Yamalube Carbon Cleaner

Cairan pembersih yang direkomendasikan untuk membersihkan ruang bakar adalah Yamalube Carbon Cleaner. Fungsi dari Yamalube Carbon cleaner adalah untuk membersihkan, melapisi, serta melindungi dari endapan karbon yang menempel pada ruang bakar. Serta cairan ini berfungsi untuk memulihkan tenaga pada mesin seperti semula.

Itulah 3 tips penting guna menjaga performa kendaraan pemirsa semua tetap optimal. Dengan kondisi optimal, otomatis kendaraan pemirsa bisa digunakan tanpa banyak kendala menyertai. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini