Yamaha STSJ Kasih Tips Rawat Suspensi biar Awet dan Maknyus

Diposting pada

Motomazine.com – Setiap pengendara pasti menginginkan perjalanan yang aman dan nyaman. Komponen yang mendukung perjalanan agar tetap nyaman adalah suspensi atau peredam kejut yang biasa dikenal dengan sebutan shockbreaker. Perawatan suspensi yang tepat menjadi point utama untuk menjaga komponen tetap awet. Bukan hal yang sulit untuk merawat komponen tersebut, konsumen dapat melakukan perawatan dirumah maupun di dealer resmi Yamaha. Pentingnya melakukan perawatan rutin adalah untuk mendukung berkendara semakin nyaman ketika menghadapi medan jalan.

“Pada dasarnya perawatan komponen ini sama pentingnya dengan komponen lain seperti ban, knalpot, maupun busi motor. Perawatannya juga mudah dan tidak membutuhkan alat yang macem-macem. Mengingat komponen ini memiliki peran penting supaya motor tidak mengalami goncangan yang hebat saat melewati jalan yang kurang bagus,” ungkap Om Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Masih menurut Om Ilham, ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh pemilik kendaraan yang ingin merawat suspensi agar lebih maksimal dan terawat. Salah satu nya adalah dengan rutin menjaga kebersihan suspensi. Kunci untuk menjaga komponen tetap awet adalah dengan menjaga kebersihannya. Kotoran atau debu yang menempel pada suatu komponen, bisa menyebabkan lecet hingga bocor. Oleh karena itu setidaknya bersihkan komponen 2 hari sekali agar sistem kinerja tetap optimal.

Menghindari beban yang terlalu berat juga merupakan cara untuk menjaga suspensi tetap awet. Tentu setiap pengendara dilarang untuk membawa barang bawaan secara berlebihan. Selain mengganggu kenyamanan pengendara, hal ini akan berpengaruh pada performa kendaraan. Ketika barang bawaan terlalu berat, suspensi akan bekerja lebih keras melebihi kapasitas untuk menopang beban pada kendaraan.

Penggunaan aksesoris berlebihan juga tidak disarankan seperti menggunakan anting peninggi suspensi. Aksesoris tersebut akan mengganggu kinerja pada komponen dan pada beberapa kasus menyebabkan suspensi tidak berfungsi hingga patah. Apalagi jika sepeda motor digunakan dengan mobilitas yang tinggi dan melalui medan jalan yang sulit tentu memberikan dampak buruk bagi sepeda motor.

Untuk menjaga performa suspensi tetap optimal,konsumen dapat melumasi suspensi menggunakan Yamalube Front Fork Oil. Pelumas tersebut berfungsi untuk memaksimalkan kemampuan suspensi pada tiap sepeda motor. Oli Shock bagian depan yang terjamin keASLIannya ini memiliki viskositas yang tinggi sehingga dapat memberikan performa lebih halus dan stabil ketika berkendara. (mmz)

suspensi belakang mt-15 motomazine.com

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini