Toprak makin dikaitkan dengan MotoGP. Gantikan Morbido?

Diposting pada

Motomazine.com – Peta transfer pembalap MotoGP semakin runyam. Setelah mundurnya Suzuki, hampir semua pembalap yang belum terikat jadi mengambang dan menunggu kepastian nasib. Entahlah, tapi memang begitu kondisinya. Berita terbarunya malah semakin santer Toprak Razgatlioglu akan masuk ke MotoGP di tim Yamaha.

Berita ini sebenarnya sudah menyeruak sejak Lin Jarvis mengijinkan pembalapp SBK asal Turki tersebut untuk menjajal YZR-M1. Bukan kaleng-kaleng, meski orang Turkii terkenal banyak yang sultan, tapi menjatuhkan motor seharga 40M tetaplah membuat kepala bercenut pusing.

Toprak dijadwalkan akan menjajal Yamaha M1 pada Juni nanti, tepatnya di sirkuit Aragon. Sampean tak usahlah ngepoin berapa laptime atau seberapa cepat Razgatlioglu di atas Yamaha. Karena ini adalah benar-benar tes privat. Bukan pembalap resmi atau terkontrak sebagai tester yang diijinkan ‘melimitkan’ potensi M1.

Namun begitu yang patut kita tunggu adalah keputusan lanjutan yang akan diambil Toprak. Apakah doi tetap memilih YZF-R1 (WSBK) atau tergiur untuk ikut Jarvis mencoba peruntungan dengan YZR-M1 (MotoGP).

Sebab mau bagaimanapun, MotoGP dan WSBK adalah dua kelas balap motor yang sanget berbeda levelnya. Ambil contoh saja Bautista yang kurang moncer di MotoGP tapi langsung menggebrak bersama Ducati V4R di WSBK. Pun dengan Ben Spies atau Colin Edwards yang juga belum bisa tunjukkan performa maksimal di kelas MotoGP.

Tetapi apapun itu MotoGP era modern sudah sangat berbeda. Siapa yang mampu menyentuh limit dan maksimalkan potensi elektronik di motor, dialah yang berkesempatan moncer. Dan dengan makin rapatnya peta kekuatan antar pabrikan, bukan tidak mungkin Toprak mampu samai level Marquez atau Quartararo.

So, let’s wait keputusan Toprak nanti. Apakah tetap di WSBK, atau melipir ke MotoGP. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini