Low Speed di Safety Riding Honda yang Sama Sekali tidaklah Mudah!

Diposting pada

Motomazine.com – MMz menjadi saksi betapa melaju diantara cone-cone yang ditata itu tidaklah mudah. Bukan cuma ditata sebagai pemanis, namun sebagai jalur yang harus kita lewati. Dengan posisi cone yang berdekatan, ngepres dengan sepeda motor, dan harus sekali langkah tanpa ada koreksi. Eh boleh sih ada koreksi, cuman ya… Memalukan..!!! Wkwkwk…

Yawes jadi gini, hari Minggu kemarin (23/7) mmz bersama teman-teman blogger lainnya mengikuti kompetisi safety riding yang diadakan oleh MPM Honda Jatim. Event ini bukanlah hal baru buat mmz. Namun kali ini ada satu rintangan baru, yang baru  mmz coba. Pas ikut liputan di ajang Safety Riding Competition untuk instruktur se-Indonesia dulu sebenarnya saya sudah tahu, cuman untuk mengalami langsung ya…baru sekarang. Sebabnya saya dua kali absen di event ini.

Ketika salah satu instruktur safety riding dari MPM Honda unjuk skill dengan memberikan contoh kepada peserta, sepertinya hal tersebut bisa dilakukan. Terlebih motor yang dipakai adalah Honda CB150R v4. Ya saya rasa akan bisa melakukan hal serupa.

Tetapi begitu sudah naik ke atas motor, menjalankan meter demi meter untuk melewati rintangan tersebut, beugh.. ternyata bukanlah mudah. Bahkan sama sekali tidak mudah. Alurnya kita dipaksa melewati dua cone dengan jalur zig-zag, mirip huruf S besar. Jadi dari lurus sampean belok kiri, langsung belok kanan, belok kiri lagi, lanjut belok kanan, dan belok kiri menuju finish. Nah, rintangan terakhir inilah yang menjadi momok. Tak ada satupun peserta yang langsung bisa melintas dengan bersih, termasuk saya. Bisa sih melewati seperti apa yang instruktur lakukan, cuman ban depan saya nginjak cone. Dan itu mengurangi nilai, tidak sedikit, banyak!

Alhasil nilai keseimbangan saya pun kalah dengan beberapa peserta. Entahlah, yang terpenting adalah ilmu yang kita peroleh. Bagaimana mengatur kesiembangan dan fokus saat berkendara, terutama di kondisi sempit adalah sesuatu yang butuh skill tinggi. Wajar sih kalau banyak yang gagal di lintasan angka 8 ujian SIM C. Karena menjaga motor tetap dalam lintasan (low speed) bukanlah perkara mudah. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini