Sebut Toprak Berbeda, Redding yakin BMW lebih Baik di 2024

Diposting pada

Motomazine.com – Kepindahan pembalap Turki, Toprak Razgatlioglu ke BMW sukses menyita perhatian banyak kalangan. Tak hanya pengamat kejuaraan WorldSBK, namun dari pembalap yang juga berkiprah di dalamnya. Adalah Scott Redding, mantan pembalap Rokit BMW yang kini bergeser ke Bonovo BMW. Pembalap asal Inggris ini menyoroti performa rekan semotornya, Toprak Razgatlioglu, yang sebelumnya sempat beradu skill dengannya menggunakan motor yang berbeda. Toprak nunggang Yamaha, sementara saat itu Redding masih membela Ducati. Yaps, tanpa segan Redding menyebut Razgatlioglu adalah pembalap yang berbeda, dan itu bagus untuk BMW ke depannya.

Pemirsa pasti sudah menyaksikan sendiri video-video cuplikan saat Toprak mengendarai BMW M1000RR di Portimao dan Jerez saat lakoni tes resmi sebulan lalu. Terlihat doi masih mencari cara terbaik menunggangi motor buatan Jerman tersebut. Meski begitu berkali-kali Toprak melakukan hard braking diimbangi leg dangle sehingga membuat ban belakang BMW nya mengambang ke udara.

Semuanya memang masih sangat abu. Sebab Toprak melakukan putaran pengenalan, dan beberapa kali nge-push untuk mencatatkan laptime terbaik. Meski begitu, hal tersebut bukanlah patokan pasti bahwa El Turco mampu melesat cepat. Setidaknya kita harus menunggu hingga tes resmi musim 2024 digelar, dimana semua tim dan pembalap hadir di sana, termasuk nanti di seri-seri awal balapan WSBK.

Jika benar Toprak mampu membawa BMW ke barisan depan, maka jelas, doilah yang bertalenta, sesuai dengan apa yang Redding bicarakan.

“Toprak memiliki sesuatu yang membedakannya dari orang lain. Sangat sulit untuk menirunya.” Ucap Redding kepada Speedweek. “Sejauh ini saya belum menemukan orang yang berkendara seperti dia. BMW sangat baik dalam mengerem, tapi tidak bagus jika roda belakang terangkat dari tanah saat pengereman. Lalu masalahnya dimulai. Karena dengan demikian kemungkinannya 50:50 apa jadinya jika turun lagi,” lanjut pembalap bernomor 45 tersebut.

 

Lagi-lagi Redding menyoroti performa Toprak yang sangat kuat dalam pengereman.

“Mungkin bakatnya dalam mengerem lebih hebat dari yang saya kira dan dia bisa mengendalikannya. Jika itu masalahnya, baiklah. Mungkin dia bisa memimpin kita ke arah yang akan membantu kita. Dia mengendarai motor lain yang memerlukan gaya berkendara berbeda, jadi dia akan membawa banyak hal bagi kami. Apakah ini berhasil atau tidak, kita pasti akan mempunyai informasi ini. Kami membutuhkan itu.” Tutupnya.

Semakin menarik. Toprak sendiri terlihat cukup nyaman dengan tunggangan barunya itu. Terlihat doi berkali-kali melakukan stoppie saat masuki paddock, termasuk satu stoppie panjang yang mengindikasikan doi sudah paham benar kekuatan rem depan si M1000RR. Let’s wait and see…! Akan banyak kejutan di ajang WorldSBK musim 2024. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini