Kesan Perdana Toprak Nunggang BMW, Positif dan Kami Datang!

Diposting pada

Motomazine.com – Pebalap yang kita tunggu-tunggu kehadirannya akhirnya sampai di Portimao untuk menjajal motor barunya. Adalah Toprak Razgatlioglu yang berkesempatan menjajal BMW M1000RR yang akan dia gunakan berlaga di ajang WorldSBK musim 2024. Banyak yang berharap Toprak bisa mencicipi motor barunya itu kala tes Jerez kemarin, namun semua baru bisa terwujud di Portimao, tanggal 4 Desember kemarin. Hasilnya? Positif! Toprak cukup sumringah dengan besutan terbarunya tersebut.

Tes perdana Toprak bareng tim Rokit BMW sejatinya baru digelar Senin kemarin, namun tim dan dirinya memutuskan untuk mencicipi trek Portimao di hari Minggu. Itu adalah sentuhan perdana pebalap Turki dengan motor pabrikan Jerman.

“Secara umum saya senang karena tes berjalan positif.  Saya merasa motor jauh lebih baik daripada hari Minggu saat pertama saya mengendarainya, meskipun hanya 11 putaran. Hari ini kita melakukan sedikit perubahan dan itu bekerja bagus. Saya terjatuh di tikungan 5, sedikit aneh tetapi saya baik-baik saja. Setelahnya, saya kembali mengendarai sepeda untuk memahami. Catatan waktunya cukup bagus dengan kondisi seperti ini. Saya tak melakukan banyak putaran, 19 kali di hari Senin dan 11 di hari Minggu, tapi itu bagus,” ungkap pebalap bernomor 54 tersebut dilansir dari GPOne.

Ditanya perihal perbedaan yang ia rasakan dibanding Yamaha, Toprak berikan sedikit pandangannya.

“Motor ini setelah empat tahun bersama Yamaha, sama sekali berbeda. Saya mulai untuk menyesuaikan diri dan menemukan bagoan depan jauh lebih bagus dari sebelumnya, termasuk engine braking yang luar biasa. Kami membutuhkan lebih banyak putaran karena harus mencoba banyak hal baru. Tapi kami tak punya waktu untuk mencobanya.  Di Jerez saya berharap bisa mencobanya sehingga kami punya lebih banyak masukan,” tambah Toprak.

“Perbedaan terbesarnya adalah engine braking motor ini sangat luar biasa, dan motor mampu melaju kencang di trek lurus. Ini sangat positif dan saya sangat senang karena pertama yang saya rasakan adalah power! Saya rasa sayap membantu saat keluar tikungan karena roda depan minim terangkat, tetapi untuk masuk ke tikungan dan akselerasi, saya belum bisa banyak berikan perbedaan. Saya rasa saya butuh lebih banyak putaran. Dengan Yamaha saya harus merebahkan motor lebih dalam karena adanya wheelie, tapi dengan motor ini saya tak harus berjuang. Saya merasakan power saat motor berakselerasi dan bahkan powernya masih mengisi selepas di tanjakan. Saya juga sangat senang karena dapat mengerem dengan kondisi motor miring. Ini luar biasa positif,” tambahnya.

Bisa dikatakan tes yang Toprak jalani dengan tim barunya tersebut berjalan dengan apik. Mirip lah dengan Marc Marquez bareng tim barunya di Ducati. Bedanya Toprak datang ke tim papan tengah, sementara Marc kebalikannya.

“Kami mendapatkan laptime yang bagus, tetapi hari ini tak mungkin kami melakukan lap yang cepat sebab treknya basah. Termasuk kami belum bisa mencoba ban lembut. Saya rasa saya bisa mencatatkan laptime yang lebih baik di kondisi trek yang lebih baik, karena perasaan dengan bagian depan terus meningkat seiring waktu. Traksinya bagus dan saya mempunyai power yang cukup. Kami tidak jauh, dan saya katakan, kami datang!” tutup pebalap Turki tersebut. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

1 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini