Pirro Kembali Coba Fairing Terbaru Ducati

Diposting pada 138 views

MOTOMAZINE.COM – Masbro, di sesi FP2 motoGP Silverstone, pembalap tester Ducati Michele Pirro kembali mencoba fairing terbaru untuk Ducati Desmosedici GP19. Fairing atau tepatnya aero wing ini merupakan terobosan terbaru Ducati setelah mereka melakukan sedikit rombakan pada komponen yang sama saat lakoni balap seri Austria.

Jika dilihat bentuknya sih gak begitu banyak perbedaan sebenarnya jika dibanding versi terakhirnya (Austria). Namun begitu tetap saja menarik untuk membahas apa-apa yang dihadirkan oleh Ducati. Mereka menjadi pabrikan yang tak pernah berhenti bereksperimen di area aerodinamika.

Jika diperhatikan sebelumnya, Desmosedici GP19 tampil dengan aero fairing bertumpuk. Di sebelah front cowl ada, terua ditambah lagi dua tingkat di fairing samping.

Ini menjadi lompatan terutama buat pembalap pabrikan dan juga Jack Miller yang meski menjadi pembalap satelit tapi dapat jatah motor versi 2019.

Dari fairing yang ketiga pembalap ini pakai, bentuk aerowingnya sangat berbeda dengan yang dipakai Francesco Bagnaia. Bentuk fairing Pecco lebih cenderung ke versi terakhir yang dicoba oleh Pirro ini.

Emang seperti apa sih bentuknya? Secara model mirip sih. Sama seperti yang saya singgung di atas. Hanya bedanya, fairing terbaru Ducati yang diuji Pirro di Silverstone ini punya bentuk agak lebar lagi dibanding versi terdahulunya.

Di bagian moncong depan juga. Jika diperhatikan bentuknya lebih maju ke depan. Jadi lubang air ram di mulut Desmosedici seperti mendapat tambahan sedikit dagu. Entahlah piye nyebute kui mas.

Yang pasti update aerowing ini sekaligus menjadi penanda bahwa sepertinya Ducati sangat Pede dengan bentuk winglet kamuflase seri terakhir ini. Nyatanya, di Austria Dovisiozo menang. Dan dengan bentuk yang lebih update mungkin Ducati ingin menang lagi di sirkuit Inggris ini.

So, kita tunggu saja. Apakah Dall’igna akan memasangkan fairing terbaru ini ke motornya Dovisiozo dan Petrucci?

Sebelumnya Ducati juga sudah membuat gebrakan dengan menciptakan sendok (pendingin ban belakang), aero ban depan dan juga aero bam belakang. Kini mereka bereksperimen lagi dengan aerowinglet. Yaweslah terserah Mbah Gigi saja. Semoga menang dan semoga berguna…(mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro