Suzuki Haojue XCR300. Cocok Gak buat Inazuma Reborn?

Diposting pada

Motomazine.com – Suzuki China yang bekerjasama dengan Haojue kembali merilis motor sport bergenre street fighter yang benar-benar total. Maksutnya total, secara look dan tongkrongan nih motor boleh dibilang keren abis. Mulai dari pemilihan desain, sampai pengaplikasian berbagai fitur yang tertanam membuat motor berkubikasi 300cc ini ciamik tenan. Adalah Haojue XCR300 yang disebut juga sebagai Suzuki XCR300. Entahlah, yang pasti motor ini adanya di negeri Tirai Bambu sana, menemani Haojue UHR150 yang didaulat sebagai lawan untuk NMAX dan PCX.

Sekilas mmz langsung terbayang sama Suzuki Inazuma. Kenapa Inazuma? Simpel. Melihat knalpotnya yang dua bilah di kiri dan kanan bodi motor, membuat bayangan saya langsung terseret ke Inazuma.

Haojue XCR300 mengusung spesifikasi mesin  berkubikasi bersih 298cc twin SOHC yang mampu hadirkan power maksimum di angka 28,8 HP pada 8500 rpm dan torsi puncak di angka 27,8 Nm pada 6500 rpm. Gak gede-gede banget sih… Cuman buat harian kayaknya pas. Gak perlu spaneng karena mikirin tenaga yang beringas. Apalagi bobot total Suzuki Haojue XCR300 ini nembus 179 kg. Abot? Yo jelas…

Bicara garis desain, Haojue XCR300 benar-benar keluar dari garis desain Suzuki selama ini. Semua lekukan dari headlamp sampai buntut serba tajam. Lebih ke tarikan-tarikan garis kaku kuatkan kesan angker sebuah motor bergenre street fighter. Lagi-lagi Haojue sukses mendesain motor ini.

Beralih ke kaki-kaki, suspensi depan Haojue XCR300 ini memakai suspensi dari KYB berbentuk inverted terbalik atau upside down. Terlihat gagah berpadu dengan headlamp merunduk layaknya motor street fighter sejati. Tengok saja Z1000, Panigale V4 Streetfighter atau MT-09. Lampunya nunduk semua.

Pengereman depan belakang memakai cakram single disk dengan teknologi ABS dari BOSCH. Untuk ban Suzuki memilih karet bundar kelas dunia yakni Pirelli Diablo Rosso III dengan ukuran 110/70 depan dan 140/70 belakang. Dengan lingkar ban selebar itu Suzuki XCR300 yang punya tinggi tempat duduk hanya 785 mm ini jelas terlihat bantet dan berotot.

Apalagi sasisnya ditutupi pakai cover plastik selayaknya GSX-S150. Area kopong yang tercipta antara sasis teralis dan mesin pun dapat tertutupi dengan apik.

Volume tangki bahan bakar Haojue XCR300 ini juga lumayan. Mampu menampung hingga 16 liter bensin. Jadi buat perjalanan jauh, bolehlah gak melulu mampir ke SPBU.

Untuk masuk ke Indonesia? Hmmm… Udah kita lihat saja dulu. Jangan terlalu berharap. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

One thought on “Suzuki Haojue XCR300. Cocok Gak buat Inazuma Reborn?

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini