Alasan Facebook berganti Nama menjadi Meta

Diposting pada

Motomazine.com – Per hari ini jagad perselancaran maya sedang dihebohkan dengan sebuah berita yakni facebook yang berganti nama menjadi Meta. Banyak yang bertanya-tanya kenapa harus berganti, padahal nama facebook sudah sangat familiar bagi milyaran orang yang menggunakannya. Apakah nantinya hal ini tak kan berimbas pada Facebook itu sendiri? Nah, untuk yang satu ini, si CEO Facebook Mark Zuckerberg punya jawabannya sendiri. Asalan kenapa facebook pada akhirnya berganti nama menjadi Meta.

Seperti yang kita tahu, Facebook sendiri sudah mengakuisisi beberapa media sosial lain. Sebut saja Instagram, WhatsApp, Oculus dan lain-lainnya. Dalam wawancara dengan salah satu media asing, Zuckerberg menyebut alasan di balik penggantian nama ini.

Alasan utamanya tentu saja untuk menekankan fokus Zuckerberg membangun metaverse sebagai bagian dari masa depan Meta atau Facebook. Sebelumnya orang nomor satu Facebook itu pernah menyebut metaverse sebagai masa depan internet. Meski sebelumnya nama Metaverse dipandang sebagai sesuatu yang negatif doi yakin Metaverse nantinya justru akan mampu membawa profit besar untuk ekonomi digital.

Kenapa mmz membahas Facebook? Ya siapa sih pengguna medsos yang tak kenal facebook. Aplikasi yang sudah mmz instal sejak bertahun-tahun silam ini seakan menjadi salah satu aplikasi tertaut dengan blog motomazine sendiri. Saya menautkan tiap postingan blog ke fanspage Facebook agar sampean lebih mudah mengikuti update berita dari motomazine.com.

Dengan segala suka duka yang mmz alami bahkan fanspage Facebook motomazine masih saya pertahankan. Miris sebab fanspage yang sudah nembus angka 1000-an pelanggan tetiba lenyap. Sampai saat ini saya membuat FP yang baru.

Nah, peralihan facebook ke Meta ini sendiri salah satunya juga karena ingin tingkatkan sisi keamanan para penggunanya. Kita tentu paham lah ya… Beberapa waktu lalu heboh data pengguna FB yang bocor hingga banyak yang kelimpungan melakukan verifikasi dua langkah.

Menilik lebih jauh ternyata perubahan Facebook ke Meta ini juga membawa misi besar. Zuckerberg membayangkan tempat virtual dimana semua orang bisa berinteraksi menggunakan virtual reality dan augmented reality, tetapi tetap terasa seperti bertemu langsung. Hmmm… Saya malah kawatir dengan terobosan ini.

Buat sampean yang mengira aplikasi Facebook di HP sampean bakal berubah logo dan nama menjadi Meta, kayaknya butuh pemahaman lebih jauh. Jadi yang berubah ini adalah nama perusahaannya, bukan media sosialnya.

Zuckerberg mengatakan nama Facebook tidak lagi sesuai dengan identitas perusahaan yang ingin lepas dari citra perusahaan media sosial. Apalagi sekarang kan WhatsApp dan Instagram sudah digenggam. jadi facebook dipandang kurang cocok mewakili nama perusahaan.

Nah itulah alasan kenapa akhirnya Facebook berganti nama jadi Meta om. Ingat, yang ganti nama induk perusahaannya loh ya. JAdi ke depan nantinya Meta akan menaungi Facebook, Instagram, WhatsApp dan beberapa medsos yang kini jadi anakan mereka. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini