HOT! Setelah R7 Yamaha juga Siapkan R9. Begini Perkiraan Desainnya

Diposting pada

Motomazine.com – Yamaha global boleh dibilang ngamuk dalam membuat produk-produk unggulan. Lupakan sejenak YIMM dengan motor bebeknya karena kali ini kita bakal fokus pada moge. Ya, setelah R7 Yamaha ternyata juga sudah siapkan YZF-R9. Motor sport fairing Yamaha yang mengambil basis dari si naked MT-09.

Senada dengan Yamaha R7 yang mengambil basis mesin MT-07, Yamaha R9 nanti juga bakal mengadopsi mesin 3 silinder milik MT-09. Entahlah, melihat R7 yang juga sangat siap untuk keperluan track day dan balap, kemungkinan R9 juga disiapkan sebagai jembatan sebelum rider beralih ke 4 silinder R1. Tapi apakah benar seperti itu?

Belum pasti juga sih. Sebab biker penggandrung R9 secara otomatis juga sudah sangat siap untuk  memboyong YZF-R1 sekalipun. Jadi kayaknya lebih berkaitan dengan passion. Karena suara khas mesin 3 silinder memang berbeda.

Yamaha R9 nantinya akan mengusung mesin yang lebih powerful dibanding MT-09 sendiri. Perkiraan tenaga puncak mencapai 119 ps, lebih tinggi daripada MT-09 yang hanya 115 ps. Sementara torsi puncak juga diprediksi naik mencapai 93 Nm di 7000 rpm. Bandingkan dengan MT-09 yang hanya 87,5 Nm di 8.500 rpm.

Kenaikan tenaga dan torsi yang cukup siginifikan ini dikarenakan naiknya kubikasi dari 847cc menjadi 889 cc.

Untuk desain, Mich Superbike sudah membuatkan render untuk kita. Secara utuh desainnya tentu sangat kental dengan aura R-series dan lebih condong ke R7. Mulai dari fairing, sampai buritan mirip.

Yang membedakan adalah sasisnya. Dimana MT-09 sudah dibekali dengan sasis deltabox dan tentu saja sasis ini juga bakal diaplikasikan ke R9.

Yamaha YZF-R9 sendiri diperkirakan bakal meluncur tahun 2022 nanti. Belum jelas kapan bulannya. Namun yang pasti merk dagangnya sudah terdaftar. Jadi ya… Tinggal nunggu waktu saja. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “HOT! Setelah R7 Yamaha juga Siapkan R9. Begini Perkiraan Desainnya

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini