Terkesan Inferior di Yamaha WR 155 R, tapi Performa di Luar Nalar

Diposting pada

Motomazine.com – Siapa yang tak kenal dengan motor sport on-off road besutan Yamaha, WR 155 R. Motor ini mengusung segudang fitur yang bahkan tak ditemukan di motor se-genre milik kompetitor. Meski begitu, yang namanya sebuah produk, pasti tak lepas dari yang namanya kekurangan. Mungkin terlihat sebuah kekurangan, terkesan inferior, padahal sebetulnya part ini punya perfroma di luar nalar. part apakah itu? Silahkan simak artikel berikut dengan seksama.

Yamaha WR 155 R punya paket komplit untuk sebuah motor trabas. Mengusung mesin 4-tak 155 cc SOHC 4-valve dengan VVA membuat tenaga yang dihasilkan si WR 155 R ini cukup untuk melibas berbagai ,edan. Tepatnya medan medium ke bawah ya. Kalau dihadapkan pada medan kompetisi ya mau gak mau harus upgrade besar-besaran, hampir  pada semua lini.

Secara look Yamaha WR 155 R punya tongkrongan ganteng sedari lahir. Bodinya cukup gede untuk ukuran motor trabas, jangkung dan yang pasti motor trabas banget. Tinggal lepas spion, sein, spakbor belakang, ini motor sudah cakep banget buat ngalas. Ingat ya, bukan untuk jalan raya, tapi blusukan di jalur perhutanan.

Nah meski tergolong ganteng, banyak yang menyebut tampilan area depan si WR 155 R ini kurang meyakinkan. Yaps, betul! Suspensi depan. Yamaha WR 155 R masih mengusung suspensi konvensional, bukan inverted terbalik a.k.a upside down. Bandingkan dengan motor-motor trail tetangga, part ini memang terkesan inferior.

Namun tahukah anda, di balik bentuknya yang biasa saja, suspensi depan Yamaha WR 155 R ini menyimpan potensi performa luar biasa. Saya sudah membuktikannya langsung, bahwasannya suspensi depan model teleskopik biasa ini mampu meredam berbagai guncangan yang timbul dari trek offroad. Meski kita pakai terbang (tipis-tipis) sekalipun, si suspensi ini masih bekerja sangat baik. No ‘jedug’, ceklak atau redaman yang keras sekeras batu.

Tidak tanggung-tanggung, mmz bahkan pernah menggondol Yamaha WR 155 R ke trek pegunungan, yang jalurnya ini menjadi sungai saat musim penghujan tiba. Bayangkan, banyak batu bertongolan di sana, yang siap menghajar kemampuan suspensi depan mereda, goncangan.

Dan hasilnya, suspensi depan bekerja apik. Berkali-kali suspensi depannya terantuk batu, gede, bukan lagi batu kerikil. Paduan roda depan 19 inch velg alloy dan suspensi depan berdiameter 41 mm dan panjang mencapai 899,1 mm bekerja sangat bagus. Bisa saya bilang bahkan lebih bagus dari suspensi upside down motor-motor pabrikan lain sekelasnya.

Lengkapnya bisa sampean simak di sini.

So, buat yang sedang penasaran atau kepo mencari performa terbaik sebuah motor offroad besutan Jepang, Yamaha WR 155 R adalah pilihan tepat. Pemirsa bisa mendapatkan Yamaha WR 155 R ini di dealer-dealer Yamaha terdekat. Untuk area Jawa Timur bisa langsung kontak dealer Yamaha naungan PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), atau bahkan bisa beli di marketplace yang sudah ditunjuk Yamaha STSJ. Harganya Rp 41 jutaan saja… Kurang enak apa coba? (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini