Kalibrasi Ulang Skill Berkendara di Event Safety Riding Competition for Blogger Vlogger bareng MPM Honda Jatim

Diposting pada

Motomazine.com – Bertempat di Learning Center MPM Honda Jatim, mmz berkesempatan kembali mengikuti ajang cari bakat, halah, maksudnya ajang kalibrasi ulang kemampuan berkendara di event Safety Riding Competition for Blogger dan Vlogger Jatim. Tepatnya Hari Minggu (23/7) kami berkumpul di Learning Center untuk berpartisipasi dalam kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) ini. Yaps, kesempatan untuk berkumpul sekaligus mengasah skill bagaimana berkendara dengan baik, benar dan aman.

Kali ini mmz menyempatkan diri untuk hadir setelah dua kali kesempatan yang lalu saya terpaksa absen dengan berbagai macam sikon. Tak banyak yang berubah. Cuman kali ini ada tambahan materi yang ternyata menguras tenaga dan pikiran juga. Namanya Low Speed. Di sini kita akan diuji bagaimana menyeimbangkan motor untuk melewati cone-cone yang begitu sempit. Banyak yang gagal, tapi ada yang berhasil, saya pastinya. Sayangnya sedikit nginjak cone di akhir sektor 😆

Materi lainnya masih sama. Yakni braking (pengereman), narrow plank (papan titian) dan slalom. Lagi-lagi, slalom menjadi tantangan favorit saya, karena passion saya memang ada di sana. Nge-gas semaunya, tapi tetap aman dan terkendali. Lagi-lagi, saya yang berhasil mencatatkan waktu tercepat, sayang, ban belakang sedikit nginjak garis. Dan akhirnya nilai terpotong. Tapi percayalah, itu di luar kendali saya.

Yang terpenting adalah bagaimana kita berkendara yang baik dan benar serta cari aman saat di jalan. Istilahnya begini, oke kita berada di jalur yang benar, tetapi saat bahaya mengancam, yang mana mengharuskan kita mengalah saat itu juga, ya sudah mengalah saja. Daripada terjadi apa-apa, karena keselematan adalah segalanya. Amit-amit, kecelekaan hanya akan menimbulkan kerugian.

Cukup ironis memang, bahkan di tahun 2021 saja, dimana kita sedang mengurangi aktivitas akibat pandemi, tercatat sebanyak 103.645 kejadian laka lantas di Indonesia, dan 73% nya melibatkan sepeda motor (sumber: Kakorlantas Polri). Oleh sebab itu, sangat penting mengedukasi warga masyrakat agar lebih aware terhadap keselamatan diri dan lingkungannya saat sedang berlalu lintas.

Nah, kami sebagai blogger yang menulis untuk pemirsa baca, tentu saja harus menjadi bagian dari kampanye keselematan berkendara ini. Salah satunya dengan kegiatan seperti ini. Mengasah skill berkendara agar lebih terampil dan peduli saat berkendara di jalan raya.

So, mari sadar diri. Pastikan motor dalam kondisi prima, layak jalan dengan berbagai parts yang sesuai, pakai safety gear berupa helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu, serta pastikan kita dalam kondisi sehat, sadar dan waras.

Oh ya tambahan, di event Safety Riding Comptition for blogger dan vlogger putaran pertama, mmz juara dua. Dua putaran berikutnya gak ikut, dan di putaran keempat kali ini, juara tiga. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini